Ada Reshuffle Kabinet, Pengusaha: Semoga Ekonomi RI Kuartal II Tumbuh 7%

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 320 2401975 ada-reshuffle-kabinet-pengusaha-semoga-ekonomi-ri-kuartal-ii-tumbuh-7-SDLUl0nOim.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Isu reshuffle kembali menguat setelah DPR menyetujui penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Ristek. Selain itu, membentuk kementerian baru yakni Kementerian Investasi.

Para pelaku usaha mencatat isu reshuffle menjadi momentum tepat untuk memaksimalkan kinerja ekonomi nasional pasca Covid-19. Penilaian itu searah dengan keputusan pembentukan Kementerian Investasi.

 Baca juga: Reshuffle Kabinet, Bahlil Calon Kuat Menteri Investasi

"Dunia usaha sangat berharap agar pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 sudah positif sehingga kita segera keluar dari resesi ekonomi dan bangkit kembali dengan target pertumbuhan tahun 2021 di kisaran 5-7%," kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang dalam keterangan tertulis, Rabu (28/4/2021).

Dia meminta agar Kementerian Investasi nanti diisi oleh kalangan profesional dan bukan dari partai politik. Sebab, pengangkatan Menteri investasi sangat layak dijadikan Jokowi untuk mengevaluasi kinerja Menteri lain yang memiliki rapor merah.

 Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet, Siapa Jadi Menteri Investasi? Ini Permintaan Pengusaha

"Dengan begitu, Presiden lebih mengedepankan figur yang profesional dan mumpuni di bidangnya," ujarnya.

Selama ini, lanjut dia, di mata kalangan pengusaha menteri yang memiliki kinerja baik itu seperti Menteri BUMN Erick Thohir yang dianggap kreatif melakukan inovasi dan mendorong BUMN menjadi lokomotif ekonomi di berbagai sektor.

Kemudian, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, yang lihai merumuskan kebijakan fiskal di tengah pandemi Covid-19 untuk menyelamatkan keuangan negara dan industri keuangan.

Disusul Menteri PUPR yang dipandang mampu membangun berbagi proyek infrastruktur. Hingga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang tercatat membuat membawa target investasi nasional sepanjang 2020 melampaui target.

"Kita berharap agar reshuffle kali ini Presiden tidak salah pilih mengangkat Menteri baru agar pasar merespon positif dan ekonomi kita dapat bangkit kembali dengan pertumbuhan yang positif," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini