Bahlil Lahadalia, Mantan Sopir Angkot yang Kini Dikabarkan Jadi Menteri Investasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 320 2402138 bahlil-lahadalia-mantan-sopir-angkot-yang-kini-dikabarkan-jadi-menteri-investasi-CimHCXHKwV.jpg Kepala BKPM Bahlil Lahadalia Calon Jadi Menteri Investasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik sejumlah menteri baru pada hari ini. Hal ini seiring adanya penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud serta pembentukan Kementerian Investasi.

Salah satu nama yang santer dalam isu reshuffle adalah Bahlil Lahadalia. Kepela BKPM ini disebut akan memimpin Kementerian Investasi.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet, Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Investasi?

Bahlil lahir di Banda, Maluku, dan sempat menempuh sekolah dasar di Banda, sebelum akhirnya pindah ke Papua.

"44 tahun lalu, seorang bayi laki-laki lahir di Desa Gunung Api Utara, di Kampung Batu Angus. Bayi tersebut menyelesaikan sekolah dasar di Banda, lanjut ikut orang tua di Papua. Bertransformasi dari hidup susah, pernah menjadi kondektur dan sopir angkot, lalu bisa menjadi Ketua Umum HIPMI, yang baru kali itu berasal dari Timur. Kini, 44 tahun kemudian, dipercaya oleh Bapak Presiden untuk mengemban amanah menjadi Kepala BKPM. Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan,” jelas Bahlil dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ada Reshuffle Kabinet, Pengusaha: Semoga Ekonomi RI Kuartal II Tumbuh 7%

Bahlil menjelaskan bahwa kualitas mahasiswa diuji dalam tiga hal, yaitu profesionalisme, intelektualitas, dan ilmuwan. Profesionalisme diukur dari kemampuan spesifik, yaitu dari ilmu yang ditekuni.

Intelektualitas yaitu kemampuan untuk menguasai berbagai macam ilmu seperti politik, hukum, sosial, dan lainnya. Ilmuwan adalah memiliki tingkat kemampuan untuk mentransfer ilmu kepada orang lain.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini