Peternak Ayam Terancam Bangkrut Gegara Impor dari Brasil

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 320 2402785 peternak-ayam-terancam-bangkrut-gegara-impor-dari-brasil-s7ICIFif1m.jpg Daging Ayam (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Singgih Januratmoko mengatakan bahwa impor daging ayam dari Brasil akan merugikan peternak UMKM.

"Menurut kita kalo sampai impor daging ayam itu sampai masuk maka akan merugikan peternak kecil di Indonesia," kata Singgih dalamnya Market Review IDX Channel, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga:  Permintaan Daging Ayam untuk Lebaran Diprediksi Naik 15%

Dia menjelaskan, harga produksi daging ayam Brasil di kisaran harga Rp14.500. Sementara, harga produksi daging ayam itu sampai Rp20.000.

"Kalo di Brasil itu biaya produksinya hanya Rp14.500.Jadi kalo nanti ayam impor itu masuk maka peternak UMKM bisa gulung tikar," jelasnya.

Baca Juga:  Harga Daging Ayam Mahal, Mendag: Karena Pakannya Naik

Diaa menambahkan, mahalnya harga daging ayam saat ini bukan hanya disebabkan oleh permintaan yang tinggi. Namun, dikarenakan harga pakan ternak yang naik.

"Pemerintah salah persepsi, harga daging ayam naik ini karena harga pakan itu naik. Ini ada indikasi kegagalan pemerintah dalam memproduksi jagung. Jadi bukan karena ayamnya tapi karena jagungnya," tandasnya.

Untuk diketahui, pemerintah dalam waktu dekat ini akan mendatangkan impor daging ayam dari Brasil. Hal ini merupakan buntut dari kekalahan Indonesia dari Brasil di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) beberapa tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini