Sandiaga Uno Gelar Lomba Desa Wisata untuk Pemulihan Ekonomi

Ferdi Rantung, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 320 2403886 sandiaga-uno-gelar-lomba-desa-wisata-untuk-pemulihan-ekonomi-p94S0nVLQ3.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Dokumentasi Kemenparekraf)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan program Anugerah Desa Wisata 2021 yang akan di mulai pada 7 Mei 2021. Program ini bisa dikatakan ajang perlombaan desa - desa untuk menonjolkan kelebihan daerah masing-masing dalam hal pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa program penobatan Anugerah Desa Wisata Indonesia ini menjadi salah satu cara untuk memulihkan perekonomian Indonesia, khususnya di sektor industri pariwisata.

Baca Juga: Erick Thohir Ajak Anies Baswedan Bangun Wisata Kota Tua dan Sunda Kelapa

Selain itu, program tersebut dilakukan agar desa - desa yang ada di Indonesia bisa menjadi destinasi wisata yang berdaya saing dan dikenal secara mendunia.

"Program ini meningkatkan perekonomian lokal guna mensejahterakan masyarakat desa. Dan bertujuan untuk menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing," kata Uno dalam peluncuran Anugerah Desa Wisata 2021, kemarin malam , Jumat (30/4/2021).

Baca Juga: Kebut Pemulihan Ekonomi, Sandiaga Uno Ungkap Sejumlah Strategi, Termasuk Pembangunan Kereta Gantung di Kawasan Borobudur

Dalam program ini kemenparekraf mengangkat tema yang bertajuk 'Indonesia Bangkit'. Diharapkan tema ini dapat mendorong para pelaku wisata dan industri kreatif untuk menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa.

''Program ini diharapkan dapat mendorong semua pelaku wisata dan industri kreatif untuk dapat menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat dan bangkit kembali dari dampak COVID-19," terangnya.

Sandi menjelaskan, pengembangan desa wisata menitikberatkan pada pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berfokus kepada tiga aspek, yakni berkelanjutan, sosial lingkungan, dan ekonomi.

Kemudian, penilaian Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021 nantinya didasarkan atas empat pilar. Di antaranya pilar tata kelola, ekonomi lokal, budaya, dan pelestarian lingkungan.

Sedangkan untuk kategori penilaian meliputi homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, content kreatif, dan daya tarik wisata.

"Anugerah Desa Wisata 2021 ini diperuntukkan bagi semua masyarakat desa dan pelaku ekonomi kreatif yang berkembang dalam pengembangan desa wisata," tandasnya.

Sekedar informasi, bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang ingin tergabung ke dalam program Anugrah desa wisata ini dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi Jaringan Desa Wisata Jadesta.com. Peserta dapat melakukan pendaftaran mulai 7 Mei hingga 26 Juni 2021.

Pemenang Anugerah Desa Wisata ini akan diumumkan pada 7 Desember 2021. Bagi pemenang, selain mendapatkan uang, Kemenparekraf akan melakukan pembimbingan kepada desa-desa dan juga akan dipromosikan ke wisatawan domestik maupun mancanegara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini