H-1 Larangan Mudik, Terminal Kalideres Mulai Didatangi Calon Pemudik

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 320 2406076 h-1-larangan-mudik-terminal-kalideres-mulai-didatangi-calon-pemudik-rouUmB2yJX.jpg Terminal Kalideres. (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Menjelang larang larangan mudik lebaran, suasana di Terminal Kalideres, Jakarta Barat mulai didatangi penumpang. Adapun larangan mudik mulai berlaku pada 6-17 Mei 2021 mendatang.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, Rabu (5/5/2021), beberapa loket penjualan tiket mulai dipadati penumpang. Baik itu bus untuk rute antar provinsi maupun antar pulau.

Baca Juga: BPS Ungkap Dampak Pelarangan Mudik pada Ekonomi RI

Sementara itu, pengamanan di Terminal Kalideres juga dijaga ketat. Ada pihak kepilisian maupun dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah mendirikan posko di pintu masuk menuju terminal keberangkatan antar pulau antar provinsi.

Di teerminal ini juga sudah tersedia tes pelauanan GeNose C-19. Beberapa masyarakat atau calon penumoang pun terlihat mulai mendatangi pos pemeriksaan ini meskipun jumlahnya masih tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Masyarakat Mohon Paham, Mudik Dilarang agar Tak Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Sementara itu, dari hasil penelusuran MNC Portal Indonesia hanya ada beberapa bus saja yang sudah memiliki stiker khusus yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubugan. Stiker ini sendiri menjadi salah satu syarat agar bus AKAP tetap bisa beroperasi pada larangan mudik nanti.

Namun dipastikan bus tersebut hanya melayani kelompok masyarakat yang dikecualikan. Salah satu contohnya adalah untuk masyarakat yang akan berpergian ke luar kota dalam rangka perjalanan dinas.

Persiapan di Terminal Kalideres sendiri memang ekstra dilakukan. Mengingat Terminal Kalideres merupakan salah satu yang masih akan beroperasi pada larangan mudik lebaran.

Nantinya, terminal ini dikhususkan untuk tempat bus-bus berstiker beroperasi. Bagi bus-bus yang belum memiliki stiker dilarang untuk beroperasi atau masuk ke terminal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini