Wapres Ungkap Tantangan Kembangkan Wisata Halal di RI

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 320 2406770 wapres-ungkap-tantangan-kembangkan-wisata-halal-di-ri-nAY73oFOUg.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Pemerintah saat ini sedang mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Namun ada beberapa tantangan yang harus dihadapi pemerintah dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, rendahnya literasi masyarakat dalam memahami ekonomi syariah menjadi tantangan tersendiri dalam upaya mengembangkan wisata halal. Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha meningkatkan literasi masyarakat mengenai ekonomi syariah termasuk pentingnya mengembangkan wisata halal.

Baca Juga: Sandiaga Uno Gelar Lomba Desa Wisata untuk Pemulihan Ekonomi

"Ekonomi syariah itu sesuatu yang baik, yang berkeadilan, yang membawa kebaikan dari berbagai sektor," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (6/5/2021).

Salah satu contohnya adalah dalam sektor pariwisata. Menurut Wapres, pengembangan wisata halal memiliki potensi yang besar untuk menarik wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara.

Baca Juga: Erick Thohir Ajak Anies Baswedan Bangun Wisata Kota Tua dan Sunda Kelapa

Namun, pengembangan wisata halal di Indonesia, saat ini masih terhambat rendahnya literasi masyarakat. Sehingga seringkali timbul mispersepsi bahwa wisata halal berarti wisatanya disyariahkan yang mengakibatkan beberapa daerah keberatan mengaplikasikan konsep wisata halal ini.

"Tentu kita ingin menghilangkan persepsi yang salah tentang wisata halal atau wisata syariah. Sepertinya ada kesan bahwa wisata syariah itu wisatanya akan disyariatkan. Kemudian, ada daerah-daerah yang keberatan," jelasnya.

Padahal, menurut Wapres, yang dimaksud konsep wisata halal adalah penyediaan layanan-layanan syariah di setiap destinasi wisata.

Oleh sebab itu, Wapres menegaskan bahwa penyediaan layanan syariah adalah konsep yang dipakai untuk mewujudkan wisata halal, bukan mensyariahkan wisatanya.

"Di situ kita ingin nanti di tempat-tempat wisata itu ada layanan syariah, layanan halal, restoran halal, ada tempat salat," kata Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini