Wapres: Manfaatkan Teknologi untuk Pengelolaan Wakaf

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 320 2407138 wapres-manfaatkan-teknologi-untuk-pengelolaan-wakaf-qt8yj4QMdX.jpg Maruf Amin (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Badan Wakaf Indonesia (BWI) terus mendorong pengembangan wakaf di tanah air. Langkah ini juga merupakan bagian dari pengembangan dana sosial syariah sekaligus upaya memajukan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, dalam mengembangkan dan menggali potensi wakaf di Indonesia perlu memanfaatkan teknologi ditiga. Apalagi, dengan perkembangan zaman yang sudah semakin pesat hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi digital.

 Baca juga: Singgung Kepercayaan Publik, Wapres Ungkap Tantangan Pengembangan Wakaf

Melalui pemanfaatan teknologi digital tak hanya potensi wakaf saja yang bisa digali. Namun juga transparansi pengelolaan wakaf dan kredibilitas pengelola wakaf akan semakin meningkat.

"Dalam sejumlah kesempatan, saya senantiasa menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dan platform digital baik untuk peningkatan kesadaran berwakaf, untuk pengelolaan wakaf maupun pelaporan pemanfaatan wakaf," ujarnya dalam acara Webinar Nasional Wakaf, Jumat (7/5/2021).

 Baca juga: Potensi Rp300 Triliun, Begini Cara BSI Himpun Zakat hingga Wakaf

Oleh karena itu, Wapres mengapresiasi upaya BWI yang telah mencanangkan program pengembangan perwakafan berbasis data dan transformasi digital dalam pengelolaan wakaf di Indonesia. Dirinya berharap program pengembangan ini bisa dijalankan dengan sebaik mungkin.

"Pemerintah juga berharap strategi Waqf Digital Ecosystem yang dikembangkan BWI akan dapat segera terimplementasi dengan baik," ucapnya.

Melalui Waqf Digital Ecosystem ini, Wapres berharap berbagai sistem digital pengelolaan wakaf yang dilaksanakan oleh stakeholder di luar BWI dapat terhubung dan terintegrasi dengan sistem digital yang dimiliki oleh BWI.

"Dengan demikian diharapkan akan segera terwujud adanya Waqf Super Apps, di mana kita dapat mengaksesnya untuk mendapatkan berbagai informasi tentang wakaf, akses pelayanan online (pendaftaran, pelaporan, pengaduan kasus dan kerjasama), mendapatkan berbagai pilihan platform digital pengumpulan dana (digital fundrising) serta akan mendukung upaya pengembangan model wakaf lainnya ke depan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini