Siap-Siap! Penerima Subsidi Energi Bakal Diaudit Ulang

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 320 2407182 siap-siap-penerima-subsidi-energi-bakal-diaudit-ulang-fv7fPETjJ3.jpg Penerima Subsidi pada Gas Elpiji. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diminta untuk melakukan audit terhadap penerima subsidi energi yang diberikan PLN dan Pertamina. Tujuannya supaya penerima subsidi dengan anggaran yang sangat besar ini dapat tepat sasaran.

Wakil Ketua Komisi VII Bambang Hariyadi mendorong Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengaudit penerima subsidi energi PLN dan Pertamina. Hal ini untuk mengetahui bahwa penerima subsidi tersebut sudah sesuai dengan kriteria dan tepat sasaran.

Baca Juga: Subsidi LPG Bisa Pindah ke Listrik, Kenapa?

"Apakah subsidi tersebut sudah sesuai? Karena subsidi adalah tanggung jawab negara untuk masyarakatnya. Kami tidak ingin subsidi tidak tepat sasaran," ujarnya, Jumat (7/5/2021).

Dia juga mendorong fungsi pengawasan DPR melalui Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) dan BPK untuk mengevaluasi agar penerima subsidi tidak salah sasaran.

Baca Juga: Kurangi Masalah Neraca Dagang, RI Tinggalkan Rezim Subsidi Energi

Menurut dia, disparitas harga energi subsidi jangan dijadikan ajang oknum pemain subsidi untuk mengambil keuntungan.

"Penegak hukum akan diminta ikut aktif dalam penegakan hukum dalam mengawasi pelaksanaan subsidi energi, agar kehadiran negara dapat dirasakan oleh para masyarakat yang berhak menerima subsidi," tuturnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini