Tak di Darat Saja, Pemudik Nekat Lewat Laut Disuruh Putar Balik

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 320 2408084 tak-di-darat-saja-pemudik-nekat-lewat-laut-disuruh-putar-balik-QTEw2HzOMf.jpg Masyarakat Nekat Mudik lewat Laut (Kemenhub)

JAKARTA - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad menyebutkan, patroli laut dilakukan dalam rangka pengawasan pelaksanaan pengendalian transportasi laut Idul Fitri 1442 H sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 dan Peraturan Menteri Perhubungan No 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 dan Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Saat patroli berlangsung, Ahmad mengungkapkan para petugas mendapati sekelompok masyarakat yang melakukan upaya mudik menggunakan Kapal service boat dari wilayah pesisir pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Kami menemukan tiga kapal service boat yang mengangkut warga yang tetap nekat mudik dan telah kami hentikan. Kami berikan penjelasan dan pengertian, lalu kami minta mereka untuk kembali ke tempat semula," ungkap dia.

Ahmad mengungkapkan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa ada kapal tradisional atau service boat di sepanjang pesisir teluk Jakarta yang dimanfaatkan warga untuk mudik ke wilayah Cirebon dan sekitarnya sehingga Syahbandar Tanjung Priok, Disnav Tanjung Priok, KSOP Sunda Kelapa dan Pangkalan PLP Tanjung Priok memperketat pengawasan terhadap kapal-kapal tersebut baik yang berada di pesisir maupun yang melintas di Teluk Jakarta.

"Yang lebih membahayakan adalah para penumpang pemudik itu tidak menggunakan lifejacket," tutur dia.

Baca selengkapnya: Tak Hanya Darat, Kemenhub Gagalkan Masyarakat yang Nekat Mudik Lewat Laut

 

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini