3 Jurus Kementerian ESDM Kejar Target 1 Juta Barel Minyak

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 320 2410258 3-jurus-kementerian-esdm-kejar-target-1-juta-barel-minyak-pfOMVng6N9.jpg Kilang Minyak. (Foto: Okezone.com/SKK Migas)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyiapkan beberapa jurus untuk mengejar target produksi minyak 1 juta barel dan dan gas 12 BCFD. Di mana target ini direncanakan bisa tercapai pada tahun 2030.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan, rencana pertama dengan revisi/penghapusan Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2008 dan Permen ESDM Nomor 5 Tahun 2012.

Dalam aturan baru nantinya, wilayah kerja (WK) eksisting dapat langsung melakukan eksplorasi maupun eksploitasi MNK tanpa kontrak baru. Aturan ini juga telah disosialisasikan dengan stakeholder termasuk IPA pada 17 Maret 2021.

Rencana kedua adalah pelaksanaan studi MNK di seluruh WK aktif. SKK Migas diharapkan melakukan inventarisasi WK eksplorasi atau eksploitasi.

Rencana ketiga adalah pilot project produksi MNK di WK potensial. Pemerintah menargetkan pilot project MNK dengan aturan baru sudah dapat dilakukan pada tahun ini.

"Pilot project harus dilakukan segera. Kalau tahun ini tidak bisa, paling tidak tahun ini sudah harus bisa menentukan lokasi pilot project di mana. Pemborannya di mana," katanya.

Baca Selengkapnya: 3 Gebrakan Menteri ESDM Cari Minyak 1 Juta/Barel Usai Lebaran

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini