Cerita Pendiri Tokopedia Belajar dari Kerajaan soal Penerus Perusahaan

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 320 2411880 cerita-pendiri-tokopedia-belajar-dari-kerajaan-soal-penerus-perusahaan-NxHWvza3mr.jpg Tokopedia (Foto: Ist)

JAKARTA - Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya bercerita sedang mencari penerus untuk memimpin Tokopedia. Dia mengatakan, sebagai seorang pemimpin, tugasnya adalah menciptakan sosok-sosok pemimpin yang lebih baik dari dirinya.

"Saya belajar dari kerajaan-kerajaan dulu, biasanya setelah beberapa generasi, mereka tumbang karena pertikaian di dalam," ujar William dalam Manager Forum XLIX MNC Group ke-49 bertajuk "Digital!! - Let's Boost The Digital Side" secara virtual di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

William menyebutkan, hal itulah yang ingin dia hindari. Sudah menjadi institusi bahwa perusahaan tidak tergantung pada sosok pemimpin, tetapi pada misi yang diemban. Dia mencontohkan Jack Ma dari Alibaba yang memberikan estafet kepemimpinan seiring pertumbuhan bisnisnya.

"Saya tidak mau seperti Steve Jobs yang mengharuskan mencari penerus dadakan karena sakit atau meninggal. Saya ingin seseorang yang lebih andal dan mampu membawa Tokopedia ke jenjang yang lebih baik dari masa saya," kata William.

Baca selengkapnya: Alasan William Tanuwijaya, Bos Tokopedia Sebut Nama Jack Ma dan Steve Jobs

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini