Share

Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka, Virus Corona Dilarang Masuk

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 320 2412441 pendaftaran-cpns-2021-dibuka-virus-corona-dilarang-masuk-pBtDIMX4g0.jpeg Tes SKD CPNS 2019. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan membuka kembali seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini. Seleksi ini akan dilakukan lewat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, pihaknya langsung menyiapkan diri untuk pembukaan CPNS dan PPPK. Khususnya dalam penyelenggaraan tes lewat sistem Computer Assisted Test (CAT).

Baca Juga: Daftar Formasi CPNS dan CPPPK 2021 Tingkat Pusat dan Provinsi

Nantinya, seleksi lewat skema CAT ini akan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus covid-19. Atas dasar itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Pelaksana Panitia Seleksi Nasional/Panselnas menyiapkan skema pelaksanaan seleksi dengan menerbitkan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 tanggal 17 Mei 2021.

“Penyelenggaraan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021 dengan metode sistem Computer Assisted Test (CAT) akan kembali dilaksanakan dengan menerapkan skema penerapan protokol kesehatan atau prokes pencegahan pandemi Covid-19,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Daftar Formasi CPNS 2021: Penjaga Tahanan hingga Perawat, Cek di Sini Selengkapnya

Prosedur prokes pelaksanaan seleksi ASN 2021 ini disampaikan kepada seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian di Instansi Pusat dan Instansi Pemerintah Daerah sebagai pedoman bagi panitia penyelenggara seleksi ASN. Pedoman seleksi CAT BKN ini mencakup beberapa kebijakan.

“Seperti kebijakan umum, prosedur penyelenggaraan seleksi, sampai dengan langkah yang diterapkan bagi peserta seleksi yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Paryono.

Adapun pedoman umum yang perlu disiapkan oleh Tim Pelaksana CAT BKN bersama Panitia Seleksi Instansi meliputi ketersediaan infrastruktur memadai bagi pelaksanaan seleksi CAT BKN. Misalnya dari aspek spesifikasi teknis sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN, maupun dari aspek ketersediaan fasilitas standar prokes yang diterapkan Pemerintah di lokasi ujian.

“Termasuk membentuk Tim Kesehatan di masing-masing titik lokasi (Tilok) seleksi,” kata Paryono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini