Share

Wapres Ingatkan Lembaga Keuangan Ramah UMKM

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 320 2412522 wapres-ingatkan-lembaga-keuangan-ramah-umkm-efIVZ67uUY.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah saat ini terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa tumbuh. Berbagai program untuk pemberdayaan dan mendorong pelaku UMKM pun telah disiapkan.

Baca Juga: Wapres Ingatkan Sri Mulyani soal Dana Alokasi Khusus

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, salah satu langkah yang akan dilakukan adalah mendorong lembaga keuangan agar ramah kepada pelaku UMKM. Hal ini agar produktivitas pelaku UMKM juga mengalami peningkatan.

“Di bidang UMKM, peningkatan produktivitas dilakukan upaya pemberdayaan melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi UMKM,” ujarnya dalam acara halal bihalal virtual, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Kembangkan Wisata Halal, Wapres Contoh China dan Korsel

Selain itu, dirinya juga mendorong agar pelaku UMKM memanfaatkan penggunaan teknologi informasi. Apalagi dengan semakin berkembangnya zaman, seluruh aktivitas kini sudah mulai berubah menuju digital.

“Termasuk pemanfaatan teknologi informasi, mendorong lembaga keuangan agar ramah UMKM, serta perbaikan ekosistem pendukung UMKM,” kata Wapres.

Selain itu lanjut Wapres, ketersediaan data terpadu UMKM juga menjadi hal yang sangat penting. Di samping itu, Wapres juga ingin agar UMKM yang bergerak di produk halal bisa berkembang.

“Agar upaya pemberdayaan juga efektif, ketersediaan Data Terpadu UMKM menjadi sangat penting. Pada akhir pemerintahan, UMKM termasuk UMKM yang bergerak di bidang produk halal, sudah harus berkembang sebagai penopang perekonomian nasional,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini