Seleksi CPNS 2021, Pendamping Peserta Dilarang Datang ke Lokasi Tes

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 320 2413363 seleksi-cpns-2021-pendamping-peserta-dilarang-datang-ke-lokasi-tes-GY8VsXp5pH.jpeg Tes SKD CPNS 2019. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai menyiapkan diri jelang pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Meskipun, belum ada kepastian tanggal pembukaan pendaftaran CPNS yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Baca Juga: Kapan Pendaftaran CPNS Dibuka? Ini Bocoran BKN

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, ada beberapa hal yang sedang disiapkan khususnya mengenai teknis pelaksanaan tes. Teknis dan skema tes tersebut nantinya akan tertuang dalam Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 tanggal 17 Mei 2021.

Salah satu hal yang diatur dalam SE tersebut adalah mengenai kerabat atau pengantar yang mendampingi peserta. Menurutnya, kerabat atau pendamping peserta dilarang untuk berada di lokasi ujian guna mengikuti protokol kesehatan.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK Segera Dibuka, Daftar di Link Ini

“Dari aspek penyelenggaraan seleksi, kerabat atau pengantar peserta seleksi dilarang berada di lokasi ujian untuk menghindari terjadinya kerumunan,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (21/5/2021).

Untuk memastikan kelancaran tes CPNS agar sesuai dengan protokol kesehatan, BKN akan mengawasi dengan ketat di lokasi tes. Bahkan, guna memastikan para pendamping peserta tak datang ke lokasi tes, BKN bekerjasama dengan pihak kepolisian.

“Dalam hal ini BKN bekerja sama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia untuk memastikan tidak ada kerumunan pengantar dan peserta seleksi di sekitar lokasi seleksi,” ucap Paryono.

Untuk mengakomodir hal tersebut, BKN menyediakan livescoring hasil tes lewat streaming. Sehingga seluruh masyarakat termasuk pendamping dan peserta bisa melihat secara langsung hasil tes CPNS.

“BKN tetap memastikan bahwa live scoring CAT BKN ditayangkan secara langsung di media online streaming,” kata Paryono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini