Share

PNS hingga PPPK Wajib Update Data Pribadi Mulai Juli

Dita Angga R, Sindonews · Senin 24 Mei 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 320 2414539 pns-hingga-pppk-wajib-update-data-pribadi-mulai-juli-7PnJ21Tjgr.jpg PNS Wajib Berikan Data Pribadi Terbaru. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau PNS maupun PPPK, serta pejabat pimpinan tinggi (PPT) Non-ASN untuk melakukan pemutakhiran atau updating data dan riwayat pribadi secara mandiri. Hal ini akan mulai dilakukan pada Juli mendatang.

“Mulai Juli – Oktober 2021. Setiap ASN dan PPT Non-ASN cukup melakukan pemutakhiran data dan riwayat pribadinya melalui akses daring ke dalam Aplikasi MySAPK berbasis gawai ( mobile) dan website yang ditetapkan BKN sebagai otentifikasi data ASN dan PPT Non-ASN,” kata Plt Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono, Senin (24/5/2021).

Dia mengatakan, pemutakhiran data ini dilakukan untuk mewujudkan data kepegawaian yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik. Selain itu, meningkatkan kualitas dan integritas data dalam rangka mendukung terwujudnya Satu Data ASN dan kebijakan pemerintah di bidang manajemen ASN.

Baca Juga: Peserta CPNS 2021 Positif Covid-19 Masih Bisa Ikut Seleksi, Ini Syaratnya

“Untuk prosedur pelaksanaan pemutakhiran, BKN sudah menerbitkan Keputusan Kepala BKN Nomor 87 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Mandiri ASN dan PPT Non ASN Secara Elektronik Tahun 2021 tanggal 10 Mei 2021,” ujarnya.

Dia mengatakan, skema pemutakhiran data akan diawali dengan penunjukan user admin instansi pada aplikasi Sistem Informasi ASN (SIASN) yang diluncurkan BKN pada Desember 2020. Penunjukan user admin ditetapkan oleh BKN atas usul pejabat yang bertanggung jawab di bidang kepegawaian di seluruh Instansi Pusat dan Daerah.

Baca Juga: Seleksi CPNS 2021, Begini Nasib Peserta jika Suhu Badan di Atas 37,3 Derajat

“Selanjutnya ASN dan PPT Non-ASN melakukan pembaruan mandiri terhadap data-data yang mencakup data personal, riwayat jabatan, riwayat pendidikan dan diklat/kursus, riwayat SKP, riwayat penghargaan (tanda jasa), riwayat pangkat dan golongan ruang. Lalu riwayat keluarga, riwayat peninjauan masa kerja (PMK), riwayat pindah instansi, riwayat CLTN, riwayat CPNS/PNS, dan riwayat organisasi,” paparnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk mengajukan usul pemutakhiran data mandiri, ASN dan PPT Non-ASN melakukan akses daring ke dalam aplikasi MySAPK dengan menggunakan username dan password. Lalu memilih menu Update Data Mandiri pada MySAPK untuk melanjutkan proses pemutakhiran data mandiri.

“Apabila ASN dan PPT Non-ASN mengalami permasalahan akses maka dapat memilih bantuan pada sistem helpdesk yang ditetapkan BKN,”pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini