Share

Usai Tawari Karyawan Pensiun Dini, Garuda Pangkas Separuh Armada Pesawat

Aditya Pratama, iNews · Senin 24 Mei 2021 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 320 2414576 usai-tawari-karyawan-pensiun-dini-garuda-pangkas-separuh-armada-pesawat-vZkV9b9wEM.jpg Garuda (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia dikabarkan akan memangkas setengah jumlah armada utamanya. Hal ini dilakukan perusahaan penerbangan pelat merah itu demi bisa bertahan dari krisis akibat pandemi Covid-19.

Dalam pidato kepada stafnya pada 19 Mei 2021 lalu, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, perseroan akan melakukan restrukturisasi secara komprehensif. Dari 142 pesawat yang dimiliki, Garuda hanya akan mengoperasikan sekitar 70 pesawat.

"Kami memiliki 142 pesawat dan perhitungan awal kami bagaimana pemulihan ini telah berjalan, kami akan beroperasi dengan jumlah pesawat tidak lebih dari 70," katanya, dikutip dari Bloomberg, Senin (24/5/2021).

Baca Juga: Tawarkan Karyawan Pensiun Dini, Ternyata Begini Keuangan Garuda

Jumlah armada yang dikurangi adalah pesawat Garuda, tidak termasuk maskapai bertarif murah Citilink. Irfan menuturkan, Garuda saat ini beroperasi dengan 41 pesawat, dan tidak bisa menerbangkan pesawat lainnya karena belum melakukan pembayaran kepada penyewa pesawat selama berbulan-bulan.

Selain itu, Garuda juga memiliki utang sekitar Rp70 triliun. Jumlah itu bertambah Rp1 triliun setiap bulannya karena melakukan penundaan pembayaran kepada pemasok. Perseroan memiliki arus kas dan ekuitas minus Rp41 triliun

"Kegagalan menjalankan program restrukturisasi bisa mengakibatkan perusahaan dihentikan secara mendadak," ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Kekhawatiran efek pandemi Covid-19 bertahan lebih lama dari perkiraan, sehingga memberi imbas pada bisnis dan aksi korporasi perusahaan. Harga sukuk Garuda senilai 500 juta dolar AS turun sekitar 7 sen seama sebulan terakhir menjadi 81. Sedangkan volume penumpang grup Garuda telah anjlok 66 persen tahun lalu.

Baca Juga: Tawarkan Pensiun Dini, Garuda: Langkah yang Harus Diambil untuk Bertahan

Garuda sebelumnya telah menawarkan program pensiun dini kepada karyawannya. Berdasarkan laporan, Garuda grup memiliki sekitar 15.368 karyawan dan mengoperasikan 210 pesawat pada September tahun lalu. Pada pertengahan 2020, Garuda merumahkan sekitar 825 karyawannya, yang didahului dengan memangkas gaji mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini