Tergiur Investasi Bitcoin? Ingat Jangan Cuma Ikut-ikutan Nanti Boncos

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 622 2416080 tergiur-investasi-bitcoin-ingat-jangan-cuma-ikut-ikutan-nanti-boncos-bqvrAognrG.png Investasi Bitcoin Berisiko Tinggi. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA Bitcoin sering dianggap sebagai sebuah instrumen investasi potensial dalam memaksimalkan keuntungan. Mata uang digital ini sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini menjelaskan, keuntungan berinvestasi bitcoin yang terbilang cukup besar seimbang dengan risiko kerugiannya. Berinvestasi menggunakan bitcoin tidak disarankan bagi orang yang hanya mau ikut-ikutan.

Baca Juga: China Perketat Penambangan Kripto, Harga Bitcoin Anjlok

“Saya tidak sarankan orang hanya ikut-ikutan tanpa terlebih dahulu mempelajari mengenai berinvestasi itu apa, kemudian bitcoin itu apa. Jika dasar-dasar investasinya belum kuat, itu saya tidak sarankan dia langsung nyemplung ke bitcoin,” jelasnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Lanjut dia, jika seseorang hanya mempunyai uang yang sedikit, itu juga tidak disarankan untuk berinvestasi menggunakan bitcoin.

Baca Juga: Investasi Bitcoin Berisiko Tinggi, Calon Investor Wajib Pahami Karakternya

“Jadi harus benar-benar uang nganggur sekali. Serta, berbagai kebutuhan keuangan yang primer, tujuan-tujuan keuangan masa depan yang sudah disiapkan dengan menabung untuk investasi itu sudah semua,” ujar Mike.

Sementara itu, Mike menuturkan, semua investasi memang mempunyai risiko. Akan tetapi, risiko tersebut dapat diminimalkan dengan memahami karakter dari instrumen keuangan yang digunakan.

“Kalau tidak mau boncos ya jangan investasi, tapi bisa diminimalkan. Kalau saya takut investasi, saya tidak akan dapat untung. Tapi kalau mau untung ya saya harus siap-siap rugi,” tegas dia. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini