Indeks Dolar AS Tekan Yen, tapi Lesu terhadap Poundsterling

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 278 2416526 indeks-dolar-as-tekan-yen-tapi-lesu-terhadap-poundsterling-A0JrhyHzvA.jpg Dolar AS Melemah. (Foto: Okezone.com)

NEW YORK - Indeks dolar AS naik terhadap Yen, Jepang, tapi melemah terhadap sterling di perdagangan Kamis waktu setempat. Sementara euro stabil pada level USD1,219.

Pergerakan yang berbeda dalam mata uang terjadi karena perubahan pandangan terhadap pmulihan ekonomi pada masing-masing negara. Hal ini mengembangkan pandangan tentang kapan dan seberapa banyak Bank Sentral di setiap negara menarik kebijakan moneter untuk mengendalikan inflasi.

Baca Juga: Dolar AS Rebound, Simak 3 Faktor Pendorongnya

Pada perdagangan sore di New York, dolar menguat 0,7% pada yen, dan kehilangan 0,5% terhadap dolar Kanada. Sterling naik 0,5% terhadap dolar ke level USD1,419 dan euro sedikit berubah pada USD1,219. Demikian dilansir dari Reuters, Jumat (28/5/2021). 

Secara keseluruhan indeks dolar pun turun 0,1% untuk hari itu. Pergerakan itu terjadi ketika data ekonomi AS terkait tenaga kerja menunjukkan penurunan lebih besar pada klaim pengangguran.

Baca Juga: Dolar AS Kian Melemah, Investor Pilih Mata Uang Lain

Hal ini mendukung dolar dan imbal hasil Treasury AS yang sebelumnya hawatir tentang datangnya pasokan utang pemerintah setelah Presiden Joe Biden dikabarkan mengumumkan anggaran USD6 triliun untuk tahun 2022.

Sementara itu, Yen telah kehilangan 1% sejak Pemerintah Jepang memangkas prospek ekonominya untuk pertama kalinya dalam tiga bulan. Sedangkan ound Inggris tiba-tiba naik ketika Bank of England kemungkinan akan menaikkan tingkat suku bunga tahun depan tetapi peningkatan itu bisa terjadi sebelumnya.

Di sisi lain, Bitcoin Cryptocurrency turun kurang dari 1%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini