Biaya Cek Saldo-Tarik Tunai di ATM Link Kemungkinan Diundur, Ini Alasannya

Hafid Fuad, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 08:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 320 2417745 biaya-cek-saldo-tarik-tunai-di-atm-link-kemungkinan-diundur-ini-alasannya-85H6sQESlc.jpg ATM Link (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penarikan biaya cek saldo dan tarik tunai yang dilakukan Bank Himbara di ATM Link diperkirakan akan ditunda. Rencananya kebijakan akan diberlakukan dimulai pada 1 Juni 2021.

Rencana pengenaan tarif tersebut masih dalam pembahasan lebih lanjut antara Kementerian BUMN, Himbara, dan OJK.

Baca Juga: 6 Fakta Biaya Cek Saldo-Tarik Tunai di ATM Link, Digugat hingga Ditunda 

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E Halim mengaku BPKN dan KPPU pada pekan lalu sudah mengundang Himbara dan PT Jalin Pembayaran Nusantara untuk berdiskusi.

"Saran BPKN dan KPPU untuk menunda pemberlakuan tarif sambil berkoordinasi untuk langkah-langkah selanjutnya. Ini termasuk kaitannya dengan sosialisasi publik dan menghindari pelanggaran ketentuan yang ada baik dari sisi perlindungan konsumen maupun persaingan usaha," ujar Rizal saat dihubungi Okezone di Jakarta, Senin (31/5/2021).

Dia mengatakan, saat ini belum ada informasi kepastian biaya ATM Link dikarenakan masih dalam pembahasan internal himbara dan OJK juga. Setelah itu akan ada forum diskusi lagi dengan BPKN dan KPPU.

OJK sebagai otoritas yang mengatur industri jasa keuangan tentunya akan melihat dampaknya pada kepentingan nasional jangka panjang.

"Kita tunggu info dari teman-teman Himbara seperti apa hasil diskusi internal mereka," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini