Ibadah Haji Dibatalkan, Pengusaha Ngeluh Pendaftar Haji Menurun

Hafid Fuad, Jurnalis · Sabtu 05 Juni 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 320 2420167 ibadah-haji-dibatalkan-pengusaha-ngeluh-pendaftar-haji-menurun-fNFXAgoyye.jpg Ibadah Haji Tahun Ini Dibatalkan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pelaku Usaha Travel Yassinta Haji Umrah, Rahmaji Asmuri mengungkapkan walau sejak tahun lalu belum ada kepastian haji dan umrah bisa dilakukan, tetap saja masyarakat ada yang mendaftar. Bahkan jemaah umrah yang sudah menyetor biaya perjalanan memilih wait and see dibandingkan membatalkan rencana perjalanan mereka.

"Pendaftar haji masih ada, namun sangat menurun jika dibanding dua tahun sebelumnya. Sewaktu jamaah haji Indonesia masih diberangkatkan," kata Rahmaji saat dihubungi Okezone di Jakarta, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga: Ibadah Haji Dibatalkan, Pengusaha Travel Tagih Uang DP ke Maskapai Asing

Dia juga bercerita saat ini lebih banyak calon jamaah umrah yang menunggu kejelasan dari pemerintah Saudi tentang penyelenggaraan umrah untuk Indonesia.

"Alhamdulillah pendaftar umrahnya ada, namun mereka wait and see. Karena kami belum dapat memberangkatkan mereka sejak pandemi melanda," katanya.

Baca Juga: Bisnis Mau Bertahan? Coba Pelaku Travel Haji dan Umrah Lakukan Hal Ini

Sejauh ini aktivitas di kantornya masih terus bertahan melakukan operasional bisnis travel. Berbagai strategi diversifikasi usaha dilakukan kantornya. Salah satunya dengan menyiapkan paket wisata halal dan memasarkan mulai dari sekarang. Diharapkan ini akan langsung diberangkatkan ketika dampak pandemi mulai jadi lebih baik dan pelonggaran dilakukan.

"Kita tetap melakukan pemasaran wisata halal. Selain itu juga kita melakukan joint program dengan group usaha yang lain," tuturnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini