Aturan SNI Diperkuat demi Daya Saing Produk RI

Senin 07 Juni 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 320 2421285 aturan-sni-diperkuat-demi-daya-saing-produk-ri-xZWmQ9ukmk.jpg SNI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperkuat regulasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Mengingat, jaminan kepastian mutu produk yang dihasilkan industri menjadi hal penting yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Standardisasi memiliki peran penting sebagai acuan untuk pemastian dan pengendalian mutu produk industri,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dilansir dari Antara, Senin (7/6/2021).

Baca Juga: Cegah Barang Palsu, Perhiasan hingga Emas Ada Sertifikat SNI

Menperin menegaskan pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perindustrian yang merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Baca Juga: Tekan Serbuan Impor, Penggunaan Produk Logam SNI Digencarkan

“Lingkup pengaturan dari PP Perindustrian itu meliputi bahan baku dan/atau bahan penolong, pembinaan dan pengawasan terhadap lembaga penilaian kesesuaian, industri strategis, peran serta masyarakat dalam pembangunan industri, serta tata cara pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha industri dan kegiatan usaha kawasan industri,” kata Menperin.

Menperin optimistis PP 28/2021 dapat mendukung akselerasi pertumbuhan sektor industri di Tanah Air, sekaligus memacu pengembangannya agar mampu berdaya saing di kancah global. Pasalnya peraturan ini akan memberikan kemudahan dan kepastian usaha bagi pelaku industri, sesuai dengan maksud dan tujuan UU Cipta Kerja.

“PP Perindustrian ini mengatur lebih lanjut terkait mekanisme pengawasan standardisasi industri tidak hanya di pabrik maupun di pasar saja, namun juga terhadap Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK),” ujar menperin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini