Share

60% Produk Nestle Diisukan Tak Layak Konsumsi, YLKI: Harus Diinvestigasi

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 320 2421410 60-produk-nestle-diisukan-tak-layak-konsumsi-ylki-harus-diinvestigasi-8rnKxJw84v.jpg Produk Nestle Diisukan Tidak Sehat. (Foto: Okezone.com/Daylife)

JAKARTA - Dokumen internal Nestle dikabarkan bocor ke publik. Dalam dokumen itu disebutkan bahwa 60% produk makanan dan minuman Nestle tidak memenuhi standar kesehatan yang berlaku.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi pun meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera melakukan klarifikasi dan investigasi perihal tersebut. Sebagai lembaga yang memberikan sertifikasi terhadap makanan, minuman, dan obat-obatan, BPOM sangat berperan dan bertanggung jawab terhadap isi dokumen yang bocor tersebut.

Baca Juga: Nestle Indonesia Salurkan Bantuan Terdampak Covid 19 Melalui MNC Peduli

"Kalau betul dokumen menyatakan tidak sehat, tentu harus diinvestigasi. Kalau secara rasional BPOM harus melakukan investigasi lebih detail untuk meyakinkan perlindungan kepada konsumen karena menyangkut keamanan pangan," ujar Tulus dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Tulus menambahkan, BPOM harus memberikan penjelasan mengenai standar kesehatan yang diterapkan untuk produk makanan-minuman agar konsumen dapat mengetahui standar yang berlaku di Tanah Air.

Baca Juga: Covid-19 Bikin Nestle Gerak Cepat Ubah Haluan Bisnis agar Cuan

Pasalnya, Nestle merupakan korporasi multi nasional dan peran BPOM sangat krusial sebagai lembaga pengawasan keamanan makanan, minuman, obat-obatan yang beredar.

"Kalau tidak aman, tentu sifatnya bisa tanggung renteng Nestle juga dan BPOM selama ini sebagai pemberi sertifikasi bagaimana," kata dia.

Sebelumnya, dikabarkan dari dokumen internal Nestle yang bocor disebut bahwa produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh perusahaan tersebut banyak yang tidak sehat. Lebih dari 60% produk tidak bagus untuk tubuh jika dikonsumsi berlebih.

Dokumen internal tersebut menyebutkan bahwa hanya 37% dari produk makanan dan minuman Nestle yang memperoleh rating atau bintang di atas 3,5 dari Australia Health Rating System.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini