Heboh 11 Pejabat BPN Ternyata Mafia Tanah

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 320 2421538 heboh-11-pejabat-bpn-ternyata-mafia-tanah-IcEfd93Nex.jpg Mafia Tanah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri ATR/BPN, Sofyan A. Djalil menyebut, ada 11 pejabat BPN yang terlibat dalam kasus mafia tanah. Satu diantaranya adalah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Jakarta Timur. Hal ini sungguh memalukan di tengah upaya BPN membenahi masalah pertanahan nasional.

Dia menjelaskan kronologis kasus tersebut. "Soal mafia tanah yang terjadi di Jakarta Timur, ada terjadi Kakanwil Jakarta membatalkan SK tentang tanah di Jakarta Timur dan melanggar ketentuan administrasi. Perkaranya masih di pengadilan. Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung tetap menahan, tapi SK sudah dibatalkan. Itu kesalahan pertama," tutur dia.

Para pejabat yang terlibat telah menerima hukuman administrasi dari internal. Kakanwil Jakarta Timur sudah dihukum dipindahkan dari Jakarta Timur ke Halmahera Utara atau Halmahera Selatan. Kemudian ada 10 lagi orang BPN yang ikut terlibat diberikan hukuman administrasi

Sofyan Djalil mengatakan, pihaknya akan tetap konsen dalam memerangi mafia tanah. Oleh karena itu, dirinya pun berharap para Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa ikut membantu upaya pemerintah itu dengan memberikan kinerja yang lebih baik.

Baca selengkapnya: Fakta Perangi Mafia Tanah, 11 Pejabat BPN Malah Bersekongkol

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini