Punya Pelabuhan Internasional, Kemendag Optimalkan Ekspor dari Jawa Timur

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 320 2423845 punya-pelabuhan-internasional-kemendag-optimalkan-ekspor-dari-jawa-timur-QFMq7WclxP.jpeg Pelabuhan (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam rangka meningkatkan ekspor dan kesejahteraan petani.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Wamendag Jerry Sambuaga sepakat mengenai pengembangan ekspor nasional. Di mana Jawa Timur menjadi salah satu sentra ekspor khususnya dari Indonesia Timur.

"Surabaya dengan pelabuhan Tanjung Perak mempunyai sistem logistik dan transportasi level internasional. Diharapkan sinergi Pusat dan Pemprov Jatim bisa meningkatkan kinerja ekspor dan kinerja sektor-sektor pendukungnya," ujar Jerry, dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga: Indonesia Incar 21 Perjanjian Dagang Baru

Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersinergi mengoptimalkan sistem resi gudang (SRG). Menurut Wamendag Jerry Sambuaga, Pemerintah Daerah menjadi ujung tombak mensejahterakan petani.

"Kemendag menghibahkan Gudang SRG ke Pemda. Karena itu pelaku utamanya saat ini adalah daerah sendiri. Itulah sebabnya saya tak bosan-bosan ke daerah dalam rangka sosialisasi dan mengajak Bupati dan Anggota legislatif untuk mendukung agat SRG berfungsi sebagaimana mestinya," ujar Jerry,

Baca Juga: Kemendag: Industri Otomotif Sumbang Devisa Terbesar Kelima

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyambut ajakan Jerry dengan semangat. Emil bahkan ingin agar BUMD juga dilibatkan dalam pemberdayaan SRG.

Dia berharap dengan begitu SRG bisa berfungsi optimal dalam kesejahteraan masyarakat sekaligus dalam menyumbang Pendapat Asli Daerah (PAD).

"Kami menyambut baik dan siap bersinergi dengan Kemendag untuk optimalisasi perdagangan Jawa Timur. Pak Wamen sendiri memberikan atensi khusus dalam perdagangan masyarakat sebagai salah satu instrumen untuk membangkitkan ekonomi dari dampak Covid-19," ujarnya.

Jawa Timur adalah salah satu kontributor penting ekonomi nasional baik dari sisi perdagangan, produksi maupun ekonomi secara umum. Menurut data, PDRB Jatim menyumbang 14,57% dari PDB Nasional. Karena itu Jatim menjadi salah satu daerah yang diberikan perhatian khusus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini