Lampu Merah! Okupansi Wisma Atlet 80%, Sri Mulyani Khawatir Lonjakan Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 320 2424818 lampu-merah-okupansi-wisma-atlet-80-sri-mulyani-khawatir-lonjakan-covid-19-51FEKa1W49.jpg Wisma Atlet Kemayoran Jadi RS Darurat Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa okupansi di Wisma Atlet sebagai Rumah Sakit Darurat Virus Corona terus meningkat hingga 80%. Lonjakan terjadi pada periode usai Lebaran atau pada minggu kedua Juni 2021.

Lonjakan virus corona pun memengaruhi negara-negara di Asean dan ekonomi emerging country. Sebab, tak hanya di Indonesia, kasus Covid-19 juga mengalami kenaikan di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan India.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik Lagi, Waspada Dampak Berantai ke Ekonomi RI

"Tidak hanya Kudus, DKI Jakarta terjadi kenaikan, Wisma Atlet naik okupansi bednya 80%. Jadi terjadi kenaikan yang tinggi dan kita waspadai kuartal kedua di Juni," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (14/6/2021).

Untuk itu, Mantan anggota Bank Dunia ini berupaya untuk meningkatkan vaksinasi. Memang Indonesia sempat mengalami penurunan pada bulan puasa kemarin dan melihat dari sisi jumlah vaksinasi diakselerasi bisa 1/2 juta atau 1 juta.

Baca Juga: Daya Beli Masyarakat Masih Lemah, AladinMall Adakan Big Clearance Sale hingga 90%

"Memang kita vaksinasi harus ditingkatkan. Karena pada saat bulan Puasa, kita turun melakukan vaksin," tandasnya

Sebelumnya, Pengamat ekonomi Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai kenaikan angka kasus harian covid-19 pasca lebaran punya dampak berantai secara ekonomi dan bisnis. Dia mencontohkan yang utama adalah meningkatnya risiko diberlakukan pengetatan mobilitas.

"Ini tentu akan menurunkan lagi minat konsumen berbelanja," ujar Bhima saat dihubungi Okezone.

Bukan hanya itu saja, dari logistik pun ikut tersendat. Dia mencontohkan saat dilakukan penyekatan jalan seperti yang terjadi di Jembatan Suramadu beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini