Sekolah Apa Saja yang Kena Pajak?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 320 2424973 sekolah-apa-saja-yang-kena-pajak-mKLGtjQuOt.jpg Pajak (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah akan menerapkan pajak sekolah melalui Revisi Undang-Undang Kelima Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Neilmaldrin Noor, pendidikan yang dikenakan PPN hanyalah sekolah tertentu yang bersifat komersial. Berbeda dengan sekolah negeri tertentu yang selama ini banyak dinikmati masyarakat, itu tidak akan dikenakan PPN.

Kata dia, jenis pendidikan yang bisa diakses masyarakat baik untuk kalangan bawah, menengah, hingga atas yang sama mendapatkan pengecualian tidak dikenakan pajak. Persoalan ini menggambarkan bahwa fasilitas PPN dinilai tidak tepat sasaran.

"Saya cuma mau menunjukkan yang namanya jasa pendidikan itu rentangnya luas sekali, yang dikenakan PPN tentunya yang mengutip iuran dalam jumlah batasan tertentu yang nanti harusnya dia dikenakan PPN," katanya.

Baca Selengkapnya: Berikut Kriteria Sekolah yang Bakal Kena Pajak

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini