Webinar ETFest 2021, MNC Asset Management: Ini Strategi Pemilihan Indeks ETF MNC36

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 320 2425319 webinar-etfest-2021-mnc-asset-management-ini-strategi-pemilihan-indeks-etf-mnc36-Ycx45yX7md.jpg Diretur MAM Edwin Sebayang (MNC Media)

JAKARTA - Salah satu anak usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan di bawah naungan MNC Group yang bergerak dalam industri reksa dana yaitu MNC Asset Management (MAM), menjadi salah satu narasumber dalam perhelatan ETFest 2021 yang digagas oleh Indopremier Sekuritas selaku mitra Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari MAM.

Festival ETFest pertama di Indonesia tersebut mengusung konsep kegiatan edukasi pasar modal secara online dan secara spesifik membahas segala hal yang berkaitan dengan reksa dana ETF ( Exchange Traded Fund) atau reksa dana yang bisa diperdagangkan di Bursa Saham.

Direktur MAM, Edwin Sebayang selaku narasumber menyampaikan bahwa latar belakang pemilihan indeks acuan pada produk reksa dana ETF MNC36 Likuid telah melalui riset yang komprehensif ditambah dengan analisis fundamental yang mendalam serta memperhatikan kapitalisasi pasar, nilai valuasi dan likuiditas.

Baca Juga: 21 Tahun di Industri Investasi, MNC Asset Management Pacu Layanan Lewat Aplikasi "MNC Duit"

Edwin mengatakan bahwa ke depan pasar ETF akan menarik karena fleksibilitasnya dan pengelolaannya yang transparan.

“Dengan meningkatnya literasi keuangan masyarakat dan kebutuhan akan investasi ke instrumen saham, maka ETF menjadi jawaban tepat bagi masyarakat yang ingin membeli beberapa saham sekaligus secara efisien dan fleksibel dengan acuan indeks yang sudah terpilih,” tuturnya, selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Outlook MNC Asset Management: 2021 Tahun Pemulihan Ekonomi, Saatnya Investasi!

Perbedaan ETF dengan reksa dana saham konvensional dalam pengelolaan adalah investor dapat mengetahui seluruh aset yang ada di dalam ETF dan besarnya alokasi aset tersebut.

Sehingga investor dapat lebih leluasa dalam memantau saham-saham yang menjadi alokasi dari ETF dan risiko yang mungkin terjadi pada ETF yang mereka investasikan.

Sedangkan fleksibilitas ETF dapat dilakukan lebih cepat tanpa harus menunggu nilai aktiva bersih (NAB) pada sore hari seperti reksa dana konvensional karena harga yang didapat bisa langsung dibentuk pada saat melakukan transaksi.

Adapun reksa dana ETF MNC36 Likuid dapat dibeli oleh masyarakat melalui dealer participant Indopremier Sekuritas ataupun sekuritas lainnya dengan kode ticker XMTS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini