Menperin Ungkap Fakta Mengejutkan, 79 Produk Alkes Bahannya Masih Impor

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 320 2425460 menperin-ungkap-fakta-mengejutkan-79-produk-alkes-bahannya-masih-impor-yVFK1qQ7e8.jpg Impor Alat Kesehatan Laris Manis. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pemerintah meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam pengadaan barang dan jasa. Hal ini sejalan dengan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas industri nasional.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengungkapkan bahwa masih ada 79 produk alat kesehatan (Alkes) dalam negeri yang masih menggunakan bahan dari impor.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih, Erick Thohir: Kita Lihat Akhir Tahun

"Ada 79 produk Alkes masih terdapat beberapa produk belum memiliki nilai TKDN," Agus dalam video virtual, Selasa (15/6/2021).

Dia menargetkan, 9.000 produk baru nantinya akan mayoritas menggunakan TKDN. Adapun, faslitas dalam menerapkan TKDN ini tidak dipungut biaya.

Baca Juga: Menko Luhut Geram Alkes Impor Laris Manis Dibanding Lokal

"Bahwa pemerintah dari Kemenperin dari 2021 menganggarkan fasilitasi TKDN secara gratis yang akan kita target dan 9,000 produk baru dan bida dimanfaatkan oleh produsen," ujarnya.

Dia menekankan optimis bisa menjalankan arahan dari Presiden Joko Widodo agar industri alat kesehatan bisa lebih mandiri dengan menerapkan bahan dari dalam negeri. Hal ini, memperkuat daya saing industri nasional, salah satunya dengan melakukan reformasi secara besar-besaran.

"Mendorong subtitusi impor dimana subitusi impor harus di dorong Kementerian Perindustrian udah di launch yang progrsm impor sebesar 35% pda tahun 2022 baik sektor kesehatan maupun obat-obatan," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini