Vaksin Merah Putih, Erick Thohir: Kita Lihat Akhir Tahun

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 320 2417966 vaksin-merah-putih-erick-thohir-kita-lihat-akhir-tahun-NVmBkXRaZh.jpg Vaksin Merah Putih Bisa Diproduksi 2022. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Vaksin merah putih mendapatkan izin untuk digunakan pada semester II-2022. Dengan vaksin karya anak bangsa ini, impor vaksin Covid-19 pun bisa ditekan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, melalui PT Bio Farma (Persero), pemerintah akan terus mengambil langkah-langkah strategis agar vaksin Merah Putih dapat berjalan sesuai target.

"Sesuai penugasannya, kami Kementerian BUMN, kita terus bekerja keras untuk mendapatkan vaksin merah putih. Tidak cukup disitu kami membuka diri bekerja sama dengan pihak lain, karena kita ingin juga memproduksi vaksin sendiri tidak hanya vaksin impor," ujar Erick, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Indonesia Negara dengan Vaksinasi Covid-19 Tertinggi di Asean, Erick Thohir Belum Puas

Saat ini, vaksin Merah Putih sudah memasuki tahap 1 uji praklinik. Kabar baiknya, uji praklinik tahap 1 menunjukkan hasil yang bagus dan menggembirakan. Bahkan, Tim Peneliti Vaksin Merah Putih tengah menyiapkan uji praklinik fase 2.

Meski, Erick memastikan, hasil uji coba vaksin bisa dilihat pada akhir tahun 2021. "Insya Allah kerja keras ini bisa kita lihat di akhir tahun atau awal tahun depan, apakah kita bisa lihat ada kemajuan dan vaksin merah putih atau vaksin kerja sama dengan pihak lain," katanya.

Baca Juga: RI Kembali Kedatangan Vaksin Sinopharm, Erick Thohir Jamin Keamanan Mutu dan Khasiatnya

Di sisi produksi, manajemen Bio Farma menargetkan vaksin Merah Putih akan diproduksi pada kuartal III-2021 mendatang. Target itu akan dilakukan jika bibit vaksin Merah Putih sudah diserahkan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Sebelumnya, Eijkman sudah menyerahkan bibit vaksin tersebut kepada Bio Farma. Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, produksi vaksin Merah Putih selain sebagai upaya menekan infeksi Covid-19, juga untuk menjaga kemandirian dan ketahanan kesehatan di Indonesia.

"Seperti yang disampaikan Pak Menkes (Budi Gunadi Sadikin) tadi, rencana kalau dari Lembaga Eijkman ini bisa sampai di kita pada kuartal I-2021 ini, kita proses berupa karakterisasi, uji klinis, dan sebagainnya. Kalau semuanya berjalan lancar, kami berharap di kuartal III-2021 kita sudah bisa memproduksi vaksin Merah Putih ini sebagai bagian dari kemandirian kesehatan di Indonesia," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini