4 Fakta Pendaftaran CPNS 2021, Akses sscasn.bkn.go.id

Hafid Fuad, Jurnalis · Minggu 20 Juni 2021 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 320 2427819 4-fakta-pendaftaran-cpns-2021-akses-sscasn-bkn-go-id-zNQQMKll9X.jpg Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka. (Foto: Okezone.com/Kemenkumham)

JAKARTA- Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 masih menunggu waktu yang tepat. Karena sesuai jadwalnya, rencana pembukaan pendaftaran CPNS pada Juni 2021.

Dalam akun sosmed BKN selalu ramai komentar yang menanyakan seputar pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK non Guru. Ini menandakan sangat banyak yang terus memantau agar tidak ketinggalan informasi mulainya pendaftaran.

Karena itu tim Okezone mengumpulkan fakta-fakta seputar CPNS 2021 sebagai berikut, Minggu (20/6/2021):

1. Panitia seleksi terus mematangkan persiapan

Dalam akun Instagram @bkngoidofficial dikabarkan persiapan panitia seleksi. "Siapa nih #SobatBKN yg masih setia nunggu info terbaru rekrutmen #CASN2021? Pas banget Mimin hr ini, Kamis (17/6/2021), berkesempatan menyambangi Tim Panselnas yg tengah melakukan rapat integrasi naskah soal SKB CPNS dan Kompetensi Teknis PPPK Non-Guru bersama bbrp instansi pembina JF di Jakarta," tulisnya.

Baca Juga: Fakta Daftar Lengkap Besaran Gaji PNS di Indonesia

Dalam acara tersebut dikabarkan juga dilakukan pemusnahan flashdisk/CD yang berisi naskah soal. "Sebelumnya, naskah soal seleksi CASN tsb telah diintegrasikan ke dalam sistem CAT BKN untuk mencegah kebocoran dan keamanan soal," lanjutnya. 

2. Belum ada kepastian tanggal pendaftaran dimulai

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono mengatakan pihaknya belum mendapatkan kepastian kapan waktu pendaftaran CPNS dan PPPK non Guru akan dibuka."Belum ada kabar," ujar Paryono beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Sri Mulyani Siapkan Tabungan Hari Tua PNS

Sebelumnya Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan ada beberapa kendala. Karena dalam surat edaran ada beberapa aturan pengadaan CPNS, PPPK non-Guru, dan PPPK Guru 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah. "Terdapat beberapa instansi yang masih melakukan usulan serta revisi penetapan formasi CPNS dan PPPK," kata Bima.

Selain menyinggung soal adanya revisi, Bima juga membahas soal titik lokasi seleksi

3. Link resmi pendaftaran

Bagi calon pelamar, ada baiknya mengetahui link resmi pendaftaran, syarat daftar, hingga berkas pendaftaran CPNS 2021. Anda dapat mendaftarkan diri melalui situs Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Calon peserta CPNS 2021 wajib mempersiapkan beberapa dokumen penting yang digunakan sebagai syarat agar pelamar dapat lolos pada seleksi administrasi. Serta, dokumen-dokumen yang diunggah juga harus mengikuti ketentuan.

4. BKN sudah mempersiapkan demi integritas proses seleksi

Badan Kepegawaian Negara (BKN) siap menggelar seleksi CPNS dan PPPK non Guru. Berbagai persiapan sudah disiapkan demi menjaga integritas instansi.

Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPANRB Katmoko Ari Sambodo mengatakan bahwa tahapan seleksi calon PPPK akan berbeda dengan CPNS. Dimana pada CPNS tahapannya meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

“Terkait dengan seleksi PPPK. Hanya ada dua beda dengan CPNS. Kalau di CPNS ada seleksi administrasi, kemudian SKD dan kemudian SKB. Kalau di PPPK ada dua yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi saja,” katanya beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini