SBR010 Sudah Bisa Dibeli Modal Rp1 Juta, Yuk Milenial Investasi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 622 2429009 sbr010-sudah-bisa-dibeli-modal-rp1-juta-yuk-milenial-investasi-inzTcsWMRS.jpg Investasi SBR010 Sudah Bisa Dimulai. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Instrumen surat utang negara ritel dengan tingkat kupon Saving Bond Ritel seri SBR010 resmi ditawarkan. Langkah ini guna memperluas basis investor domestik khususnya investor milenial.

Dengan semakin meningkatnya masyarakat untuk berinvestasi dalam berpartisipasi dalam penerbitan Surat Berharga Negara (SBN), diharapkan membuat Indonesia semakin mandiri dalam pembangunan.

Baca Juga: Ingin Investasi Bantu Negara dengan Modal Rp1 Juta? Coba Intip SBR010

“Pada 2021 pemerintah berencana menerbitkan 7 SBR ritel dan 3 sudah diterbitkan diawal semester I,” ungkap Plt Direktur Surat Utang Negara DJPPR, Deni Ridwan dalam Market Review di IDX Channel, Selasa (22/6/2021).

Lanjutnya, dalam rangka menambah diversifikasi, investasi untuk investor milenial SBR ritel menawarkan fitur Floating With Floor yakni suku bunga mengambang dengan minimal imbal hasil.

“Dilihat dari hemat pemerintah, ini cukup menarik ketika suku bunga di tanah air sedang rendah. Sehingga ada kemungkinan untuk mendapatkan imbal hasil tambahan ketika nanti suatu saat Bank Indonesia menaikkan suku bunganya,” jelas dia.

Baca Juga: Surat Berharga Negara Ritel Seri SBR01 Bisa Jadi Pilihan Investasi, Minat?

Oleh karena itu, selain menawarkan kupon yang kompetitif dibandingkan produk yang lainnya serta ada perlindungan dari inflasi, SBR010 juga dapat digunakan untuk melindungi investor dari risiko fluktuasi bunga di pasar.

SBR ritel ini ditawarkan pemerintah dalam tenor dua tahun. Yang artinya tidak bisa dijual-belikan selama dua tahun, tetapi Deni mengatakan, ada opsi early redemption diawal setelah lewat tahun pertama.

Sebelumnya ia menuturkan, untuk ORI 019 telah mencapai rekor pernerbitan sebesar Rp26 triliun. Bahkan pemesan ditutup satu hari lebih cepat dibandingkan jadwal semula. Hal itu disebabkan sudah melewati kuota yang ditentukan.

Kemudian SR014, penerbitan mencapai Rp16 triliun dengan kupon yang terendah sepanjang penerbitan SBR ritel. Dan terakhir, selama bulan puasa pemerintah menerbitkan sukuk ritel yang mendapat sambutan luar biasa oleh masyarakat.

Dia menyampaikan, ditengah pandemi Covid-19, tak membuat penerbitan mengalami penurunan. Justru sejak pertengahan 2020 lalu, ketika pemerintah menerbitkan ORI 017, jumlah penerbitan SBR ritel mengalami peningkatan yang signifikan.

“Kemarin penerbitan ORI 017 ada sekitar 48.000 investor dan hampir 40% merupakan generasi milenial,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini