Cari Uang Tambahan? Coba Buka Toko Online Yuk

Hafid Fuad, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 455 2430477 cari-uang-tambahan-coba-buka-toko-online-yuk-9wuBsv1KQz.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mencari penghasilan tambahan bisa dilakukan dengan cara jualan online. Praktisi Financial Planner Prita Ghozie membagikan tips-tips membuka toko online.

"Mau kumpulin #temanPrita yang butuh nambah penghasilan buat hidup niy, mana suaranya?

Saat pengeluaran sudah lagi ga bisa ditekan, ya opsi lainnya adalah buka keran penghasilan baru. Salah satunya jalan keluarnya dengan berdagang or berbisnis," tulisnya di akun Instagram tersebut.

Dia membagikan tips-tips untuk memiliki toko online yang pasti berbeda dengan toko fisik konvensional. Berikut tips dari Prita Ghozie;

Baca Juga: Peluang Usaha Sosis Jamur Tiram

1. Gunakan nama toko yang mudah diingat.

Karena nama dan logo yang menarik akan membuat calon pembeli mudah mencari produk yang dibutuhkan di marketplace saat memasukkan keywords atau kata kunci.

Pastikan juga profil toko online tersebut ada info tentang;

-deskripsi toko: kamu jualan apa?

-link atau tautan ke website, Instagram, maupun Facebook.

-jam operasional: apalagi buat kamu yang tidak ada admin 24/7.

Baca Juga: Peluang Bisnis Bakso Jamur Tiram

2. Memperbaiki etalase toko.

Bayangkan bahwa toko online itu sama seperti toko biasa yang memiliki etalase untuk memajang produk. Pastinya yang ditampilkan adalah menu dan barang unggulan alias "Best Seller", bukan?

Maka sebaiknya lakukan ini;

- Manfaatkan fitur untuk menampilkan Produk Unggulan.

-Buat pengelompokan produk.

Tujuannya tentu saja agar memudahkan calon pembeli saat sedang browsing di marketplace untuk menemukan produk jualan toko online kamu.

3. Gunakan jasa pengiriman yang beragam

Kebiasaan saat ini calon pembeli ingin memiliki kebebasan dalam menentukan kapan barangnya tiba.

Berikan mereka kemudahan untuk menggunakan jasa pengiriman yang disukai dengan anggaran biaya kurir masing-masing. Terkadang, ada calon pembeli yang akhirnya membatalkan pesanan karena tidak tersedia layanan instan, padahal barang dibutuhkan secepatnya.

Contoh kasus dia sendiri adalah pembeli yang maunya barang cepat sampai. "Gpp ga bebas ongkir, asalkan ada jasa ekspres," tulisnya.

4. Gunakan gambar produk dengan kata kunci

Selain foto yang menarik, bantu calon pembeli untuk paham bagaimana menggunakan produk yang kamu jual.

Misal kamu jualan wadah ukuran 20x20 cm.

Jika kata kunci tertulis "baskom 20x20" maka produk kamu akan tenggelam diantara ratusan pilihan lain.

"Tapi, saat kata kunci yang digunakan adalah 'Baskom 20x20 bisa untuk bak pasir kucing maka dijamin para pemilik Anak Bulu akan kumpul," himbaunya.

Hasilnya ini dapat memperluas calon pembeli dari mulai yang hobi masak, ibu rumah tangga yang men cari baskom untuk mencuci, dan bahkan pencinta hewan peliharaan.

5. Aktif di toko online

Kunci sukses berjualan di marketplace tentu saja mau aktif. Tanggapi setiap pesan masuk dari calon pembeli dengan sopan, ramah, dan responsif.

Meskipun terkadang calon pembeli hanya bertanya, namun admin toko online harus tetap ramah dan sopan. "Makanya pilihlah admin yang jauh dari fenomena PMS ya bund," tambahnya.

Kemudian faktor kecepatan membalas pesan yang masuk akan membuat dampak besar pada penjualan di toko online. "Apalagi saat barang yang dijual juga tersedia di toko online lain, wajar saja kan calon pembeli akan lebih suka dengan admin yang cepat tanggap?," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini