3 Bank BUMN Bantu Selamatkan Garuda, Tenor Utang Jadi 2026

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 320 2432024 3-bank-bumn-bantu-selamatkan-garuda-tenor-utang-jadi-2026-piUDqbzBj0.jpg Garuda (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mendapatkan sedikit angin segar mengenai salah satu proses restrukturisasi pinjaman perusahaan. Adapun upaya ini dilakukan sebagai langkah penyelematan perusahaan.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda, Prasetio mengatakan, Garuda telah mendapatkan perpanjangan atau restrukturisasi pinjaman bank dari tiga bank BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Baca Juga: Penerbangan ke Hong Kong Dilarang, Garuda Makin Rugi?

"Berdasarkan persetujuan bank tersebut, antara lain BRI dan BNI yang setuju untuk mengkonversi sebagian pinjaman jangka pendek menjadi pinjaman jangka panjang dengan jatuh tempo pada 2026," ujar Prasetio dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Senin (28/6/2021).

Prasetio menambahkan, Bank Mandiri telah memberikan persetujuan restrukturisasi pinjaman melalui perpanjangan pinjaman sampai dengan Desember 2021 dan menangguhkan kewajiban clean-up pinjaman. Selain itu, bank-bank non himbara juga menyetujui perpanjangan pinjaman.

Baca Juga: 4 Fakta Perjalanan Dinas Pakai Pesawat Garuda Indonesia

"Adapun bank-bank non himbara, setuju untuk memberikan perpanjangan pinjaman," kata dia.

Untuk proses restrukturisasi lainnya, Prasetio menjelaskan bahwa skema restrukturisasi yang akan ditawarkan Perseroan kepada masing-masing kreditur saat ini sedang dalam proses diskusi Perseroan dan konsultan-konsultan pendukung.

"Dengan mengupayakan opsi terbaik yang akan dikaji untuk kepentingan Perseroan dan seluruh stakeholders," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini