Jadi Negara Lebih Sejahtera, Indonesia Butuh Pekerja Kelas Menengah

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 320 2433421 jadi-negara-lebih-sejahtera-indonesia-butuh-pekerja-kelas-menengah-VWDBLit4XJ.jpg Bank Dunia (Foto: Reuters)

JAKARTA - Indonesia perlu menciptakan lebih banyak pekerjaan kelas menengah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera. Hal ini diungkapkan dalam laporan Bank Dunia bertajuk Pathways to Middle-Class Jobs in Indonesia .

"Pekerjaan kelas menengah dapat diartikan sebagai pekerjaan yang membayar upah, gaji atau keuntungan yang memungkinkan keluarga pekerja rata-rata untuk mengkonsumsi cara hidup kelas menengah yang setara dengan Rp3,752 juta per bulannya," kata Ekonom Bank Dunia Indonesia, Maria Monica Wihardja saat peluncuran daring laporan Bank Dunia.

Monica menyampaikan pekerjaan kelas menengah bisa dalam bentuk formal sektor dan informal sektor. Bank Dunia mencatat dari total 124 juta pekerja di Indonesia pada 2018, sebanyak 85 juta pekerja merupakan pekerja lepas, karyawan atau wiraswasta yang mendapatkan upah, gaji atau keuntungan pribadi. Sedangkan 39 juta lainnya merupakan pekerja keluarga yang tidak dibayar pekerja yang mengandalkan keuntungan bisnis.

"Dari 85 juta pekerja, hanya 15,4% yang mendapatkan penghasilan kelas menengah dan hanya empat% yang mendapat penghasilan kelas menengah dengan status pegawai tetap dan menerima manfaat sosial penuh," jelas Monica.

Baca Selengkapnya: World Bank: Indonesia Butuh Pekerja Kelas Menengah agar Negara Lebih Sejahtera

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini