Share

Menko Airlangga: PPKM Darurat untuk Menekan Tingkat Penularan yang Tinggi

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 320 2435756 menko-airlangga-ppkm-darurat-untuk-menekan-tingkat-penularan-yang-tinggi-wGOBWYNDln.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)

JAKARTA – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, timbulnya beberapa strain baru terutama strain asal India, membuat dunia mengalami guncangan yang kedua.

“Indonesia menerapkan PPKM Darurat untuk menekan tingkat penularan yang tinggi,” ucap Airlangga, Senin (5/7/2021).

Selain itu, Indonesia saat ini terus melaksanakan vaksinasi sebagai rangkaian tindakan penting untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Baca Juga: Hari Ketiga PPKM Darurat Perkantoran Abaikan Peraturan, Anies: Laporkan, Akan Kami Tindak!

“Untuk menerapkan herd imunity tersebut, maka kita harapkan vaksinasi pada bulan Oktober ke atas bisa mencapai tiga juta (per hari),” tutur Airlangga.

Untuk saat ini, rata-rata vaksinasi masih berada di bawah satu juta namun dengan ketersediaan vaksin diharapkan target itu bisa tercapai.

Baca Juga: Masa PPKM, Persib Bandung Siapkan Program Latihan Mandiri untuk Para Pemain

Airlangga menegaskan tugas dari Partai Golkar dan seluruh kadernya yang menjabat sebagai pimpinan DPRD di daerah, maupun sebagai bupati atau walikota dan gubernur harus mendorong kebijakan pusat. “Kita harus satu langkah, satu upaya agar bangsa ini selamat dari pandemi,” ungkap Airlangga.

Airlangga juga berharap adanya pemulihan perekonomian nasional yang akan menekan angka kemiskinan, sehingga level kemiskinan Indonesia tetap berada di level single digit.

Menko Perekonomian RI ini juga mengingatkan penciptaan lapangan pekerjaan adalah yang terpenting dari seluruh skenario yang ada saat ini.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa masyarakat masih harus terus menerapkan protokol kesehatan. Hal ini diharapkan menjadi kebiasaan normal baru meski masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi dua kali. “Nanti setelah mencapai herd imunity, baru kita ambil langkah-langkah yang berbeda,” tutur Airlangga.

Golkar Institute kembali menggelar program Executive Education Program for Young Political Leaders (program pendidikan bagi para pemimpin muda) untuk angkatan ke-2.

Acara tersebut dibuka secara virtual oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Kegiatan ini tak hanya diikuti oleh kader Golkar dari Jakarta, begitu pula kader-kader dari berbagai daerah.

“Kita berharap kegiatan ini, selalu menjadi hal yang diikuti oleh para kader muda, terutama untuk menangani kebijakan publik di era yang sangat sulit yang membutuhkan extra ordinary steps dan tidak ada satu negara pun yang pernah berpengalaman menangani pandemi Covid,” kata Airlangga.

Ia berharap acara Golkar Institute ini bisa mencari langkah-langkah terobosan agar bisa keluar dari pandemi Covid. Dan mampu untuk merangkai kebijakan publik berikutnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute Ace Hasan Syadzily mengatakan acara ini dilaksanakan pada 5-10 Juli 2021.

"Acara pelatihan kali ini beda dengan sebelumnya. Kalau dulu secara offline. Sekarang sudah diberlakukan PPKM Darurat. Jadi sepenuhnya dilaksanakan secara online", kata Ace, Minggu (4/7/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini