Jelang Idul Adha, Pasokan Pangan Dipastikan Aman

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 320 2436508 jelang-idul-adha-pasokan-pangan-dipastikan-aman-dGeBd7VrPX.jpg Bahan Pangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin ketersediaan pangan menjelang hari raya Idul Adha 2021 tetap terpenuhi. Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, ketahanan pangan menjadi fokus Kementan.

Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi menyebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memenuhi ketahanan pangan menjelang lebaran Idul Adha tahun ini.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat. Sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran bahwa bahan-bahan pokok tidak mengalami kesulitan ataupun mengalami penurunan.

Baca Juga: Jangan Panic Buying! Mendag Pastikan Stok dan Harga Pangan Stabil Selama PPKM Darurat

“Untuk ketersediaan pangan menjelang Idul Adha di masa Covid-19 ini, Alhamdulillah, pemerintah sejauh ini masih menjamin ketersediaan bahan pokok penting. Karena ini merupakan perhatian yang selalu kita diskusikan baik di tingkat pusat maupun di daerah,” ujar Harvick di Jakarta, Selasa (6/7/2021).

Sejauh ini, semua bahan-bahan pokok tersebut telah terdistribusi dengan baik di kalangan masyarakat dari kota besar sampai ke daerah. Harvick pun berharap agar kondisi tersebut dapat terus stabil, tidak hanya saat perayaan Idul Adha saja, tetapi juga di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Korea Utara Alami Krisis Pangan, Harga Jagung Naik Gila-gilaan

Sebab, pihaknya masih terus mencari solusi agar pandemi tidak berpengaruh besar terhadap kestabilan dan kelangsungan hidup masyarakat.

“Kondisi yang kita harapkan terus bisa stabil, bahkan mungkin bukan saja sampai Idul Adha dan akhir tahun ini, (tetapi) juga di tahun-tahun mendatang. Karena kita juga masih terus mencari jalan keluar soal mengatasi COVID-19, bagaimana agar jangan sampai COVID-19 ini berpengaruh besar, terus menerus, terhadap kestabilan dan kelangsungan hidup di masyarakat kita,” tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini