Ini Dana yang Wajib Dimiliki dan Mudah Dicairkan saat Pandemi Covid-19

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2021 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 622 2437938 ini-dana-yang-wajib-dimiliki-dan-mudah-dicairkan-saat-pandemi-covid-19-0K2w50WpD9.jpeg Tips Kelola Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini menilai, pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, seseorang harus mempunyai akses dana yang mudah dicairkan. Pasalnya, dana tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat darurat.

“Kita harus memang punya akses kepada dana yang mudah dicairkan untuk kebutuhan yang sifatnya darurat. Sebab, risiko jiwa dan kesehatan itu semakin tinggi. Walau kita mungkin sudah mengikuti protokol kesehatan dengan benar, tapi yang namanya musibah terpapar Covid-19 itu bisa saja terjadi,” tuturnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Sabtu (10/7/2021).

Baca Juga: 5 Cara Cek Kebiasaan Hidup Boros, Hindari Ya agar Kantong Tetap Aman 

Dia mengatakan, agar keluarga bisa bertahan, investasi yang ada saat ini perlu dikaji ulang. Sebab, hal tersebut meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya.

“Investasi kita saat ini perlu dikaji ulang. Jangan sampai pada saat kita membutuhkan, uang kita tidak bisa dipakai atau uang kita mengalami penurunan nilainya karena dilibatkan pada suatu produk investasi yang nilainya berfluktuasi,” ujar Mike.

Lanjutnya, mengkaji kembali investasi yang ada saat ini dirasa penting, agar dana yang sudah dialokasikan lebih berimbang dan bisa menunjang kebutuhan darurat saat ini.

Kemudian, Mike menyarankan, agar setidaknya seseorang mempunyai alokasi investasi yang berjumlah enam hingga 12 kali dari pengeluaran rutin bulanan. Lalu, dana tersebut di tempatkan dalam suatu produk investasi yang berisiko kecil tetapi bisa memberikan keuntungan.

“Contohnya, kombinasi antara deposito dengan reksa dana pasar uang dan emas. Nah, itu bisa menjadi alokasi investasi yang lebih bisa mendukung atau yang lebih cocok pada saat situasi darurat ini,” ucap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini