Ridwan Kamil Pamer Kelebihan Jawa Barat sebagai Destinasi Investasi Nomor 1

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 320 2440020 ridwan-kamil-pamer-kelebihan-jawa-barat-sebagai-destinasi-investasi-nomor-1-hQp4hHiUd2.jpg Gubernur Jabar Ridwal Kamil. (Foto: Okezone.com/BNPB)

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan sejumlah keunggulan investasi di Jawa Barat. Mulai dari jumlah penduduk hingga fasilitas infrastruktur yang ada di Tanah Pasundan ini.

Ridwan Kamil mengatakan, Jawa Barat menjadi tuan rumah dari 60% industri se-Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir pun, Jawa Barat menjadi destinasi investasi nomor satu di Indonesia.

Baca Juga: Menko Airlangga: RI-Australia Sepakati Investasi Infrastruktur Berkualitas

"Oleh karena itu dalam beberapa tahun terakhir kita menjadi destinasi investasi Nnomor 1 dengan USD25,5 juta pada kuartal I-2021," paparnya, dalam acara Investor Daily Summit 2021, Selasa (13/7/2021).

Dengan bangga, Ridwan Kamil mengatakan infrastruktur logistik Jawa Barat dianggap lebih baik dan ditopang sumber daya manusia (SDM) yang produktif. Selain itu, keunggulan dari Jawa Barat juga hadirnya Pelabuhan Patimban yang diklaim lebih baik dari Tanjung Priok.

Baca Juga: Dibentuk Jokowi, Ini Jurus LPI Gaet Investor Asing

"Kalau pelabuhan ini jadi 100%, ini jadi pelabuhan terbesar dan tercanggih seluruh Indonesia karena di masa depan kapasitasnya 2 kali lipat dari pada Tanjung Priok," katanya.

Tidak hanya Pelabuhan Patimban, Ridwan Kamil mengatakan suatu hari Jawa Barat akan menjadi kota futuristik indonesia. Kemudian Bandara Kertajati, yang diakui saat ini belum maksimal karena akses jalannya baru akan rampung tahun ini.

Adapun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat, dapat diresmikan pada Desember tahun ini.

"Jalan tol yang sedang dalam tahap konstruksi dan akan segera selesai tahun ini antara lain Tol Cisumdawu sepanjang 60,1 Km yang memperlancar akses menuju Bandara Kertajati dan InsyaAllah dengan dukungan pemerintah Jawa Barat ditargetkan bisa diresmikan pada Desember 2021," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang disampaikan oleh Widyaiswara Ahli Utama Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini