Ajak Pengusaha-Buruh Pulihkan Ekonomi, Menaker: Kita Tidak Akan Kalah

Dinar Fitra Maghiszha, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 320 2440554 ajak-pengusaha-buruh-pulihkan-ekonomi-menaker-kita-tidak-akan-kalah-7GWwoVd4XP.jpg Menaker Ida Fauziah (Foto: Kemnaker/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengharapkan pengusaha dan buruh dapat berkolaborasi dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Kerja sama pengusaha dan buruh menurut Menteri Tenaga Kerja adalah langkah yang tepat dalam menghadapi situasi pandemi dan pembatasan sosial

"Yang paling penting lagi adalah semua upaya ini tidak bisa dijalankan secara parsial, namun harus dilakukan secara serentak bersama-sama, dengan melibatkan pengusaha dan pekerja sebagai tanggungjawab dan persoalan bersama," kata Ida Fauziah dalam Deklarasi Gotong Royong, di Jakarta, Rabu (13/7/2021).

Menaker Ida Fauziah memahami bahwa saat ini masyarakat khususnya buruh di seluruh dunia sedang menghadapi disrupsi.

Baca Juga: Menaker Tak Ingin PPKM Darurat Ciptakan Suasana Tak Kondusif bagi Pengusaha

Dia memandang bahwa masyarakat marjinal, buruh berpendidikan/berketerampilan rendah menjadi golongan yang paling terdampak pandemi.

Seperti diketahui, Menaker bersama unsur pengusaha dan buruh menyepakati 6 butir pernyataan Deklarasi Gotong Royong.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19, Menaker Minta Pekerja Lebih Produktif

"Deklarasi ini merupakan bentuk komitmen bersama sekaligus kolaborasi antara pemerintah, pengusaha dan pekerja/buruh, agar dapat mengatasi tantangan ketenagakerjaan yang dilandasi semangat saling peduli, optimis, dan bersama-sama bangkit dari dampak pandemi Covid-19," ujarnya.

Dalam butir pertama deklarasi tercantum agar pertikaian maupun konflik dalam hubungan industrial dapat dilakukan melalui dialog dan kompromi.

"Mudah-mudahan Deklarasi Gotong Royong ini dapat memenangkan Indonesia. Kita belum kalah, dan kita tidak akan kalah. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini