Tenaga Baru, Menko Luhut Terjunkan 20.000 Nakes Atasi Covid-19

Anggie Ariesta, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 320 2441016 tenaga-baru-menko-luhut-terjunkan-20-000-nakes-atasi-covid-19-DCnlxBDfvz.jpg 20.000 Tenaga Kesehatan Disiapkan untuk Membantu Penanganan Covid-19. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mencatat setidaknya sudah ada 20.000 perawat yang sudah siap membantu menangani lonjakan kasus virus corona saat ini.

"Tenaga kesehatan semua dipenuhi oleh mahasiswa dokter dan perawat, kami mobilisasi perawat itu ada 20.000 lebih yang segera diterjunkan, dan saya yakin mereka di training dulu berapa hari kemudian dipekerjakan," kata Luhut saat Konferensi Pers Virtual di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Buka-bukaan soal RS Darurat Covid-19 di Jakarta

Menurut Luhut, alasan mereka diterjunkan karena gap tenaga kesehatan mampu dipenuhi oleh mahasiswa dokter dan perawat yang sudah dalam tahap akhir pendidikan.

"Nakes akan diberikan booster ketiga menggunakan (vaksin) moderna relawan dokter dan perawat akan diberikan insentif," papar Luhut.

Baca Juga: PPKM Darurat, Pengusaha Hotel Stres Belum Dapat Bantuan

Perlu dicatat, relawan dokter dan perawat yang akan diberikan insentif di antaranya berupa, penyediaan fasilitas istirahat yang layak, mendapat BPJS Kesehatan. Kemudian mendapat jaminan kecelakaan kerja, alokasi biaya komunikasi.

"Jadi jangan anggapan bahwa kami tidak bergerak. Kita tahu apa yang kami lakukan. Karena semua yang kumpul disini dengan segala macam keahlian sudah memberikan pemikiran yang terbaik untuk bangsa dan negara ini," jelas Luhut.

Di sisi lain yang paling penting adalah Kemenko Marvest sudah menghimpun setidaknya 2.000 dokter yang sudah siap mobilisasi.

"Semua data kami sudah memenuhi on track," tutup Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini