PPKM Darurat Diperpanjang, Ekonomi Kuartal III Diprediksi di Bawah 3%

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 320 2442052 ppkm-darurat-diperpanjang-ekonomi-kuartal-iii-diprediksi-di-bawah-3-BZd9fwsumr.jpg Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Kembali Minus pada Kuartal III. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diperpanjang hingga akhir Juli 2021. Mestinya penerapan PPKM Darurat berakhir pada 20 Juli 2021.

Menurut Direktur Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal, perpanjangan PPKM Darurat memberi dampak pada perekonomian Indonesia. Dirinya memprediksi pertunbuhan ekonomi di kuartal III akan menurun hingga 3%.

Baca Juga: Ekonomi RI Sulit Bangkit jika Kasus Covid-19 Masih Tinggi

“Di kuartal kedua sebelumnya untuk pertama kalinya pertumbuhan ekonomi kita positif, pemerintah memasang 7%-8%. Tapi kami (Core) memprediksi 4%-5% dan itu tinggi dibanding kuartal sebelumnya. Kalau (PPKM Darurat) diberlakukan lagi ini akan merosot lagi bisa jadi lebih rendah dari 3%,” kata Mohammad Faisal, saat dihubungi MNC News Portal Indonesia, Sabtu (17/7/2021).

Dampak diberlakukannya PPKM Darurat terhadap ekonomi berdampak secara langsung. Apalagi pada sektor yang diatur untuk mengalami pembatasan akan semakin merosot dan merosot signifikan.

Baca Juga: PPKM Darurat Perlambat Laju Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2021

“Semakin besar resesinya semakin banyak sektor yang terdampak pada sektror tersebut yaitu seperti ritel, sektor pariwisata, Penginapan hotel, akomodasi dan angkutan umum atau transportasi,” ujarnya.

Begitu juga pada angkutan umum yang dibatasi 70% dari kapasitan akan berdampak dengan menurunnya jumlah penumpang. Hal ini berdampak besar pada transportasi udara.

“Melihat dari grafik angka laju kenaikan kasus ya, secara eksponensial kita tidak melihat pemberlakuan PPKM ini efektif dan harus menjadi evaluasi kemudian dampaknya belum terlihat dan tentu ini berati harus ada perbaikan,” katanya.

Dirinya berharap pemerintah terus meningkatkan dan menggencarkan target capaian dan program vaskinasi untuk membentuk herd immunity. Selain itu, harus memperhatikan bantuan sosial dan bisa mengoptimalkan stimulus bagi pelaku terdampak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini