Erick Thohir ke Industri Kreatif: Jangan Takut, Nanti Uangnya Dicari

Dinar Fitra Maghiszha, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 320 2442203 erick-thohir-ke-industri-kreatif-jangan-takut-nanti-uangnya-dicari-A2tRRsFD22.jpg Menteri BUMN Erick Thohir Ingin Industri Kreatif Buat Roadmap. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mendukung industri ekonomi kreatif untuk terus bergeliat meski pandemi. Dirinya pun ingin pelaku ekonomi kreatif membuat roadmap untuk mengidentifikasi industri kreatif apa saja yang bisa bertahan di era pandemi dan pasca-pandemi.

"Kita harus buat roadmap bersama. Kenapa? kalau kita tidak tahu saat penanganan Covid atau pasca-Covid industri (kreatif) apa yang hidup. Maka akan jadi hal yang mubazir kalau kita habis-habisan investasi di situ," kata Erick Thohir dalam diskusi Indonesia Creative Cities Network (ICCN) ’Jatim Obah Bareng’, Sabtu (17/7/2021).

Baca Juga: Melimpahnya Sumber Daya Alam Tak Buat RI Kebal dari Corona

Meski di tengah pembatasan sosial, Erick mengimbau pelaku industri konten media sosial dapat menjadi lokomotif ekonomi kreatif. Erick pun ingin pelaku konten bisa terus menjadi lokomotif industri dan komunitas kreatif.

"Supaya komunitas di bawahnya hidup, saya setuju industri konten ini akan menjadi lokomotif. Kita bikin roadmapnya dulu, jangan takut, nanti uangnya dicariin," tambah Erick.

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar Saham 34 BUMN di BEI Tembus Rp1.733 Triliun

Erick mengimbau apabila ada pemetaan per daerah maka bisa melihat kondisi pelaku ekonomi kreatif per pulau, per kota.

"Kita bikin roadmapnya dulu, jangan takut, nanti uangnya dicariin," tegas Erick.

Mantan bos Inter Milan ini juga mengatakan bahwa ada 3 hal pokok yang perlu dicermati oleh pelaku kreatif yaitu, Market, Generasi Muda Pembawa Tren, dan Nilai Kreativitas.

"Kondisi kayak gini, kita akan melihat mapping per pulau per kota, karena masing-masing beda, ga bisa semua kota dipaksain dengan roadmap beda. Mungkin ada satu kota yang menjadi production centre, ada satu kota yang jadi market center," tambahnya.

Lebih jauh, Erick juga mengimbau agar ekosistem pelaku kreatif dengan pemerintah bisa terus bersinergi.

"Hal-hal ini saya rasa jangan jadi wacana, mimpinya ada, pondasinya ada, roadmapnya harus dibuat, BUMN pasti dukung. Jadi keberpihakan pasti ada. Kami di BUMN kita ubah culturenya, melayani, jangan jadi birokrat, jangan pernah lelah melayani rakyat, karena terobosan-terobosan di BUMN," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini