Mentan SYL Sebut KUR Pertanian Terserap 40%

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 320 2446071 mentan-syl-sebut-kur-pertanian-terserap-40-8a2qFqbhJq.jpg Mentan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan daya serap dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) di komoditas Pertanian di tahun 2021 berkembang cukup baik. Tercatat pertumbuhan dari daya serap pada tahun ini telah mencapai diangka 40 % bahkan lebih.

“Pertanian merupakan salah satu komoditi yang terus berkembang cukup baik oleh karena itu serapan KUR kita di tahun 2021 sementara berproses dan daya serapnya sudah diatas 40 % lebih,” kata Syahrul melalui konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021). 

Baca Juga: Mentan: Saya Harap Semua Orang di Dunia Tahu, Porang Asalnya dari Indonesia

Dia juga memaparkan Ini menyesuaikan dan menyelesaikan dengan musim tanam dua pada bulan Agustus dan akan terus didorong oleh Kementrian Pertanian (Kementan).

"Kesiapan terhadap koperasi yang di integrasikan dari hulu sampai hilir pasca panen dan industri nya hingga marketplace nya dan saya sudah menyampaikan kepada Menteri koperasi dan UMKM, Menteri BUMN yang sama sama kita akan lakukan konsolidasi untuk Efektifkan KUR dari hulu ke hilir,” paparnya.

Baca Juga: Mentan Harap Pupuk Asal Indonesia Bisa Diekspor

Pihaknya menyebut 11 komoditi dasar yang di bawah kendali koordinasi Menteri Pertanian dan Menko Perekonomian cukup aman neracanya dan data KUR pertaniannya tercatat baik.

“Data kita cukup bagus, data KUR pertanian pemanfaatannya memang di data kami bahkan npl-nya yang macet itu cuma 0,3%. Tentu ini data mikro yang ada, mungkin kalau di jumlah-jumlah mungkin akan berbeda datanya. Kami lagi konsentrasi untuk berharap pak Menko bisa fasilitasi untuk mendapatkan KUR untuk porang sebuah komoditi baru. Dan kita akan masuk sampai 10.000, kemudian sarang burung wallet," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan), mengupayakan adanya peningkatan alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian untuk tahun 2021. Bila pada pada tahun 2020 sebesar Rp 50 triliun, tahun 2021 diharapkan menjadi Rp70 triliun.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), telah mengajukan permintaan kepada Kementerian Koordinator Perekonomian agat KUR pertanian bisa meningkat jadi Rp60 triliun sampai Rp70 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini