Pengusaha Minta Industri Ban Masuk ke Sektor Kritikal Selama PPKM

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 320 2447931 pengusaha-minta-industri-ban-masuk-ke-sektor-kritikal-selama-ppkm-W97SnMExzo.jpg PPKM Level 4 (Foto: Okezone)

JAKARTA – Asosiasi Produsen Ban Indonesia (APBI) meminta pemerintah untuk memperhatikan eksistensi industri ban terutama saat pandemi Covid-19. Pasalnya, segala transportasi dalam menunjang mobilitas tidak terlepas dari onderdil ban.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Ban Indonesia Aziz Pane mencontohkan, ambulance yang saat ini menjadi transportasi utama membawa pasien Covid-19 tidak mungkin dapat beroperasi tanpa adanya ban. Selain itu, tanpa ban para tenaga medis tidak dapat pergi ke rumah sakit.

“Ban merupakan faktor utama dalam mobilitas suatu negara. Oleh karena itu, industri ban harus masuk ke dalam sektor kritikal pada saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” katanya dalam Market Review di IDX Channel, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Pengusaha Besar Diminta Rangkul UMKM agar Cepat Naik Kelas

Dia menceritakan, pada awal 2020 toko ban diusik oleh satpol PP hingga para produsen kerepotan dalam menyelamatkan ban-ban yang diobrak-abrik. Namun, hal itu tidak berlangsung lama usai pihak APBI turun tangan mendatangi Pemda DKI Jakarta.

Aziz menyampaikan ada hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah saat ini. Jangan mengambil kebijakan yang sifatnya general melainkan harus spesifik dan perlu pengkategorian.

Baca Juga: Pegawai Kantor tapi Merasa Berjiwa Pengusaha? Simak Tanda-tandanya

Sehingga dengan demikian, ia mengingatkan, sebelum pemerintah mengambil kebijakan penting memperhatikan industrinya terlebih dahulu. Sebab, jika sudah salah dalam mengambil keputusan maka tingkat kerugian industri ban ini sangat tinggi.

Sementara itu, terkait permintaan APBI memasukkan ban dalam sektor kritikal, hingga saat ini belum ada lampu hijau dari pemerintah. “Pemerintah masih ragu-ragu,” jelasnya.

Dia menambahkan apabila industri ban nasional bisa masuk ke dalam sektor kritikal selama PPKM, maka akan sangat membantu operasional perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini