Terungkap! Ini Sumber Data Penerima BLT Subsidi Gaji

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 320 2450800 terungkap-ini-sumber-data-penerima-blt-subsidi-gaji-tt3bjs5KVz.jpg BLT Subsidi Gaji Cair Lagi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah memakai sumber data dari perusahaan yang kemudian disetorkan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk mencairkan BLT subsidi gaji (BSU) Rp1 juta. Pada tahun ini, BLT subsidi gaji Rp1 juta akan diberikan kepada 8,7 juta pekerja yang memenuhi syarat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menjelaskan, calon penerima BLT subsidi gaji adalah mereka yang masuk dalam kriteria penerima upah.

"Jadi data adalah dari perusahaan pemberi kerja yang kemudian disetorkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Sesuai Permenaker No 16/2021, prasayarat penerima adalah peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai bulan Juni 2021," kata Anwar Sanusi kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Penuhi 7 Syarat Ini, BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk ke Rekening

Untuk pencairan BLT subsidi gaji Rp1 juta akan disalurkan pada bulan Agustus ini. Apalagi BPJS Ketenagakerjaan sudah menyerahkan satu juta data penerima BLT subsidi gaji ke Kemnaker. "BSU yang besarnya Rp1 juta kita upayakan bisa tersalur bulan Agustus ini," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa penyalurannya nanti akan disesuaikan dengan data BPJS Ketenagakerjaan yang sudah clear.

"Kita akan sesuaikan (pembagiannya) dengan data yang kami peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan," tambah Anwar.

Selain itu, Kemnaker juga akan melakukan pemadanan dengan data penerima bantuan pemerintah lainnya.

Sebelumnya, dalam mempercepat pemberian BLT subsidi gaji, Menaker meminta kepada seluruh perusahaan yang hingga saat ini belum menyerahkan data rekening pekerja agar segera menyerahkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Sama halnya dengan para pekerja atau buruh yang memenuhi syarat tapi belum menyerahkan data nomor rekening Banknya kepada perusahaan, kami mohon untuk segera menyerahkan kepada perusahaan. Karena ini akan memperlancar pemberian BSU,” tegasnya.

Menaker berharap dengan adanya BSU ini dapat membantu meringankan beban ekonomi para pekerja atau buruh serta perusahaan yang sedang sulit di masa pandemi Covid-19.

Adapun persyaratan calon penerima BLT subsidi gaji tahun 2021 sebagai berikut:

1. Warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan.

2. Pekerja/buruh penerima gaji/upah

3. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan 30 Juni 2021.

Baca Juga: Data Lengkap, BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Langsung Ditransfer ke Rekening

4. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan.

5. Bekerja di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 dan level 4 yang ditetapkan oleh pemerintah.

6. Pekerja yang belum menerima program kartu prakerja, bansos PKH atau BLT UMKM.

7. Diutamakan yang bekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini