Share

Ekonomi Kuartal III-2021 Diprediksi Hanya Tumbuh 3%

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 320 2453506 ekonomi-kuartal-iii-2021-diprediksi-hanya-tumbuh-3-dzAY5g56mT.jpeg Ekonomi RI Kuartal III-2021 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi hanya tumbuh sekira 3% pada kuartal III-2021. Pertumbuhan ini lebih rendah jika dibandingkan kuartal II-2021 yang tumbuh 7,07%.

Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, ekonomi kuartal III-2021 diprediksi hanya tumbuh 3% karena terdampak perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

"Di kuartal III kami prediksi lebih rendah jadi 3%, Secara year on year (YoY), kalau dalam range saya kira 3%-4% " Ujar Mohammad Faisal kepada MNC Portal Indonesia, Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Faisal memperkirakan sektor-sektor di bidang transportasi dan industri manufaktur akan berdampak lebih dalam pada pelemahan ekonomi di kuartal III 2021.

"Masih sama dengan sebelumnya, sektor transportasi, akomodasi dan restauran, ritel dan sebagian industri manufaktur," sambung Faisal.

Perpanjangan PPKM tentunya berdapak pada perekonomian jangka pendek, maupun jangka panjang. Menurut Faisal, jika dalam jangka pendek, selama masih perpanjangan, pelaku usaha pada sektor produksi akan mendapatkan tekanan.

"Dalam jangka pendek selama masa perpanjangan, para pelaku usaha di sektor-sektor yang direstriksi akan terus mendapat tekanan berupa penurunan penjualan dan pendapatan akibat turunnya permintaan dan pembatasan kegiatan usaha," katanya.

Sedangkan dalam jangka panjang, dirinya melihat cita-cita pemulihan ekonomi nasional sulit tercapai, karena pada kuartal III saja diprediksi lebih rendah 3%.

"Tapi kalau dengan perpanjangan ini penyebaran pandemi bisa terus berkurang, setelah perpanjangan restriksi dicabut dan akan membawa pemulihan yang lebih baik dan berkelanjutan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini