Share

Mal Dibuka, Bioskop hingga Bermain Anak Masih Ditutup

Rina Anggraeni, Sindonews · Selasa 10 Agustus 2021 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 320 2453536 mal-dibuka-bioskop-hingga-bermain-anak-masih-ditutup-MHYa7HTRON.jpg Mal Diizinkan Buka pada Masa PPKM Level 4. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bioskop, tempat bermain anak hingga tempat hiburan di pusat perbelanjaan belum boleh dibuka. Kebijakan ini ada dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

"Bioskop, tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan atau mal, pusat perdagangan ditutup," tulis aturan tersebut, Selasa (10/8/2021).

Baca Juga: Mal di Jakarta Dibuka dengan Kapasitas 25%, APPBI Bilang Begini

Lalu, pelaksanaan kegiatan konstruksi untuk

infrastruktur publik (tempat konstruksi dan lokasi proyek) beroperasi 100% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. Sedangka tempat ibadah (Mesjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dengan maksimal 25% kapasitas atau 20 orang denganmemperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama. 

Baca Juga: Ingat! Tak Semua Masyarakat Bisa Masuk Mal

Sementara itu, fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) ditutup sementara. Lalu, kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) ditutup sementara

Sedangkan, pelaksanaan resepsi pernikahan ditiadakan selama penerapan PPKM Level 4. Adapun PPKM Level 4 yang diperpanjang sampai 16 Agustus 2021.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM, Luhut Pandjaitan mengungkapkan bahwa anak umur dibawah 12 tahun dan diatas 70 tahun dilarang untuk masuk ke dalam mal/pusat perbelanjaan selama perpanjangan PPKM level 4 hingga 16 Agustus.

Sebelumnya, pemerintah melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal/pusat perbelanjaan di wilayah PPKM level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol Kesehatan.

“Jadi untuk anak umur dibawah 12 tahun dan diatas 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam mal/pusat perbelanjaan,” ujar Luhut pada konferensi pers.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini