Kenapa Harga Tes PCR Lebih Mahal dari Tiket Pesawat?

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2021 03:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 14 320 2455623 kenapa-harga-tes-pcr-lebih-mahal-dari-tiket-pesawat-L6i7McVX5W.jpg Harga Tes PCR Lebih Mahal dari Tiket Pesawat. (Foto: Okezone.com/AP 1)

JAKARTA - Harga tes PCR di Indonesia lebih mahal ketimbang harga tiket pesawat. Serikat Bersama Karyawan Garuda Indonesia Bersatu (Sekber) pun mengeluhkan hal tersebut.

"Kami sangat berharap pemerintah meninjau pemberlakuan PCR terhadap penumpang pesawat udara. kalau PCR-nya fungsi mendeteksi Covid sama dengan antigen, kenapa terjadi perbedaan antara penumpang pesawat udara dengan moda transportasi lainnya, dan ini cukup tinggi harganya malah PCR lebih tinggi dari harga tiket," ujar Sekber Garuda Indonesia Tomy Tampatty.

Selain itu, keluhan juga disampaikan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Pengusaha meminta agar harga PCR diturunkan seperti di India.

Sebagai perbandingan, harga PCR di Indonesia sekira Rp900.000, sementara di India harga PCR hanya Rp97.000.

“Selain pelonggaran pada masa PPKM, penekanan kasus covid pun ini dinilai penting untuk meningkatkan testing dan mencegah penularan yang lebih tinggi di masyarakat, salah satunya dengan tes PCR,” kata Hariydi saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Baca Selengkapnya: Karyawan Garuda Protes Harga Tes PCR Lebih Mahal dari Tiket, Cek 5 Faktanya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini