Share

Aturan Baru, Sektor Industri Padat Karya Bisa Produksi Lagi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 320 2457311 aturan-baru-sektor-industri-padat-karya-bisa-produksi-lagi-iwDLOyeXyB.jpg Sektor industri padat karya bisa berproduksi kembali (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyiapkan satu regulasi agar sektor industri padat karya bisa berproduksi kembali. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan regulasi tersebut dimulai hari ini.

Baca juga: Industri Diizinkan Beroperasi 100% tapi Jika Ada Klaster Ditutup 5 Hari

Dimana dilakukan uji coba terlebih dahulu sebelum diterapkan pada semua industri di Jawa-Bali. Adapun regulasi tersebut untuk mengukur tingkat penerapan disiplin protokol kesehatan pada perusahaan industri.

“Regulasinya dimulai hari ini, kami melakukan uji coba di beberapa industri khususnya industri padat karya. Uji coba ini untuk melihat seberapa jauh mereka bisa, pertama menetapkan protokol kesehatan yang sangat disiplin sehingga mereka bisa tetap produksi dengan baik,” ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (18/8/2021).

Baca Juga:  Sektor Mamin Kontributor Terbesar Pertumbuhan Industri di Kuartal II-2021

Dia menerangkan bahwa selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 sektor-sektor esensial hanya diizinkan beroperasi 50% pekerja satu kali shift. Sehingga, apabila regulasi ini berjalan dengan baik, maka dalam waktu dekat sektor industri bisa beroperasi dengan mempekerjakan karyawan dengan dua kali shift dengan masing-masing shift 50% pekerja.

“Kita mau mulai industri-industri yang sekarang ada dalam kategori esensial yang selama ini hanya boleh beroperasi 50% satu shift, nah ini kami sudah mulai mengatur dengan melakukan uji coba bahwa 100% pekerja bisa bekerja dalam sehari tapi tetap diatur shiftnya. Minimal dua kali shift 50%,” terangnya.

Adapun regulasi tersebut tertuang pada Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 3 tahun 2021 yang berisikan berbagai aturan serta poin-poin penting yang wajib dilakukan perusahaan industri sebelum kembali beroperasi.

“Kami sedang melakukan uji coba, tentu protokol kesehatannya juga sudah kami siapkan dengan Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 3 tahun 2021 yang sudah mengatur secara lengkap. Pada SE itu kami garis bawahi agar industri sudah melakukan program vaksinasi baik itu vaksinasi yang disiapkan oleh pemerintah maupun yang disiapkan oleh Kadin,” cetusnya.

Agus menambahkan dalam SE No.3 tersebut juga mengatur pencegahan terhadap Covid-19 dan penanganan apabila ada penurunan Covid-19. Apabila nanti didapati evaluasi yang baik, maka ada nafas baru bagi perusahaan industri di Jawa-Bali untuk melakukan aktivitas produksi.

“Kita akan lihat selama dua minggu apabila uji coba ini berhasil, tidak ada kasus, maka kami akan buka semua industri yang ada di Jawa-Bali. Sehingga nanti akan kembali kepada masa-masa produksi yang produktif,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini