Taliban Kuasai Afghanistan, Bank Tutup hingga Harga Makanan Meroket

Senin 23 Agustus 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 320 2459719 taliban-kuasai-afghanistan-bank-tutup-hingga-harga-makanan-meroket-iwOMmmZ54q.jpg Taliban Rebut Kabul. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Banyak warga di Ibu Kota Afghanistan menghadapi kesulitan setelah Taliban merebut Kabul. Mereka kehilangan pekerjaan, bank-bank masih tutup dan harga makanan melambung

Ribuan orang memadati pintu-pintu masuk bandara dan berebut agar bisa naik pesawat keluar Kabul. Keadaan itu menggambarkan situasi yang memburuk di kota itu sejak pemerintah yang didukung Barat terguling.

Baca Juga: TNI AU Sukses Evakuasi WNI dari Afghanistan, Begini Kronologinya

Seiring berjalannya waktu, kekhawatiran mengenai makanan dan pendapatan semakin menambah ketidakpastian di negara yang ekonominya hancur karena tidak adanya bantuan internasional

"Saya tidak tahu harus memikirkan apa dulu, keamanan saya atau memberi makan anak-anak dan keluarga saya," kata Seorang Mantan polisi yang kini bersembunyi, dikutip dari Voa Indonesia, Senin (23/8/2021).

Baca Juga: NATO Janji Percepat Evakuasi dari Afghanistan

Dia kehilangan upah senilai Rp3,7 juta sebulan yang diandalkan untuk menghidupi isteri dan empat anaknya.

Sebelum Taliban memasuki kota itu sekalipun hari Minggu (15/8), kondisi semakin memburuk. Kemajuan pemberontak itu di berbagai kota menyebabkan nilai mata uang afghani melemah terhadap dolar AS, dan menyebabkan harga bahan pokok melambung.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini